Apr 7, 2012

Panorama Sulawesi Selatan, Primadona yang Terpendam

Peta Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan terletak di sebuah pulau yang memiliki garis pantai yang panjang dengan pemandangan lepas pantai dan daratan tinggi yang sangat indah. Anugerah inilah yang menjadikan wisata bahari di Provinsi ini tak kalah romantis dengan daerah lain. Sulawesi Selatan juga memiliki unsur kebudayaan yang sangat menarik. Terlihat dari upacara adatnya, arsitektur rumah adat yang dibedakan berdasarkan tingkatan status sosial pemilik rumah, tarian dan lagu tradisional, kain tenun yang terbuat dari sutera dan kapas serta pemandangan alam tropis yang mempesona, menjadi surga bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.






Data dari website resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyebutkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari 2012 sebanyak 652.692 wisman. Dari jumlah tersebut, hanya 1.064 wisman yang datang ke wilayah propinsi Sulawesi Selatan melalui pintu masuk Makassar pada periode yang sama.


Padahal, kepariwisataan di provinsi yang memiliki wilayah yang luasnya kurang lebih 46.666 km, yang terdiri dari 21 kabupaten dan 3 kota, 304 kecamatan dan 2.966 kelurahan/desa ini sangat potensial untuk dikunjungi wisatawan. Wisata pantai, wisata bahari, gunung, goa, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa objek wisata eksotik di Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.


No.
Kabupaten/Kota
Objek Wisata
1
Tana Toraja
1.    Tongkonan Pallawa
2.    Londa
3.    Ke’te Kesu
4.    Batu Tumonga
5.    Lemo
6.    Arung Jeram Sungai Sa’dan
7.    Upacara Adat Rambu Solo
2
Selayar
1.  Wisata Laut Taman Nasional
     Taka Bonerate
2.  Desa Wisata Jammeng
3.  Pantai Baloyya
4.  Benda Purbakala Gong Nekara
3
Bulukumba
1.  Kawasan Masyarakat adat
     Kajang ‘Ammatoa'
2.  Pusat Kerajinan Perahu
     Tradisional ‘Phinisi'
3.  Pantai Tanjung  Bira
4
Pangkep
1.  Kawasan Wisata Mattampa
2. Wisata bawah laut Taman Wisata Laut
    Kapoposang
5
Maros
1. Kawasan Wisata Air Terjun
    Bantimurung
2. Taman Prasejarah Leang-Leang
6
Makassar
1.  Pantai Losari
2.  Pulau Samalona
3.  Fort Rootterdam
4.  Benteng Somba Opu
5.  Makam Raja Tallo
6.  Museum Makassar
7.  Pelabuhan Paotere
8.  Makam Diponegoro
9.  Pulau Barang Lompo
10. Pulau Kayangan
11. Barombong
7
Pare-pare
1.  Hutan Kota Jompie
2.  Pantai Lumpue
3.  Pantai Cempae Sumur Jodoh
8.
Palopo
   Museum Batara Guru
9
Luwu Timur
   Wisata Bahari di Pulau Bulupoloe
10
Luwu Utara
1.  Air Terjun Sarambu Alla
2.  Penangkaran Buaya Radda
11
Enrekang
   Gunung Buttu Kabobong (Bambapuang)
12
Pinrang
1.  Permandian Air Panas Sulili
2.  Permandian Air Panas Lemo Susu
3.  Air Terjun Kali Jodoh
13
Gowa
1. Wisata Alam Hutan Malino
2. Wisata budaya makam
    Sultan Hasanuddin
3. Museum Balla Lompoa
   (Istana raja Gowa)
4. Wisata spritual makam Syekh Yusuf
5. Mesjid Tua Katangka
6. Mesjid Agung Syech Yusuf
7. Dam Bili-Bili
8. Air Terjun Takapala
9. Perkebunan Teh
10.Perkebunan Markisa
14
Sidrap
   Sanggar Kerajinan Tenun Sutra
15
Wajo
1. Danau Tempe
2. Agro Wisata Sutra
3. Perkampungan Nelayan Terapung
16
Soppeng
1. Panorama Alam Kelelawar
   di Kota Watan Soppeng
2. Pemandian Alam Air Panas Lejja
3. Permandian Alam Ompo
4. Gua Coddong Cita
17
Bone
1.  Museum Lapawawoi
2.  Bola Soba
3.  Gua Mampu
4.  Tanjung Pallette
5.  Makam Raja Abad ke XVII
18
Barru
1.  Pulau Dutungeng 
2.  Air Terjun Waesay
19
Takalar
1.  Pantai Puntondo
2.  Terumbu Karang Pulau Tanakeke
3.  Benteng Sanrobone
4.  Pulau Sanrobengi
5.  Upacara Maudu Lompoa Cikoang

















































































Karena potensi alam yang sangat potensial untuk ditawarkan di kancah pariwisata dunia inilah, pemerintah Sulawesi Selatan dan seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata bersama masyarakat, wajib mengoptimalkan promosi dan pemasaran kepariwisataan Sulawesi Selatan secara terpadu, kreatif dan efektif. Beberapa gagasan yang bisa diterapkan dalam mengoptimalkan pengembangan pariwisata Sulawesi Selatan agar menjadi sektor unggulan penggerak ekonomi rakyat yang layak dijual di pasar global, antara lain:



1.    Pemeliharaan objek wisata dan kemudahan aksesibilitas
Selain mengembangkan sarana dan prasarana pendukung pariwisata, perlu diperhatikan juga peningkatan kualitas objek wisata seperti kebersihan, pemeliharaan objek wisata, keamanan, kenyamanan, dan ketertiban yang otomatis memberikan kepuasan para wisatawan yang berkunjung, serta industri kerajinan untuk cendera mata yang inofatif, unik, dan kreatif agar berdaya jual tinggi. Termasuk pula pemeliharaan nilai-nilai kebudayaan sebagai aset wisata.

Sulawesi Selatan adalah propinsi yang bertebaran objek wisata. Namun aksesibilitas yang menunjang pergerakan wisatawan ke destinasi pariwisata dan di dalam lingkup destinasi pariwisata yang kurang memadai, menyebabkan banyak objek wisata akhirnya ditinggalkan oleh pengunjung. Oleh karena itu, pembangunan dan pemeliharaan aksesibilitas dan infrastruktur yang mendukung tentunya berdampak pada perwujudan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

2.    Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia Pengelola Pariwisata
Dengan potensi pariwisata berupa panorama alam yang indah, keunikan budaya dan karakteristik masyarakat Sulawesi Selatan, ini menjadi kekuatan sekaligus peluang untuk mengembangkan sektor ini sebagai sektor unggulan. Peranan SDM pengelola pariwisata sangatlah penting di dalam menentukan tingkat kenyamanan dan kepuasan pengunjung (wisatawan). Bukan hanya SDM yang bekerja di lembaga pemerintahan terkait pariwisata, tapi juga pelaku usaha dan juga masyarakat yang bermukim di daerah tersebut baik yang terlibat langsung maupun tidak, berperan sebagai penggerak roda kepariwisataan di Sulawesi Selatan.

Agar tercipta SDM pariwisata yang berkualitas, profesional dan andal, dibutuhkan pendidikan dan pelatihan (misalnya SMK Pariwisata, Akademi Pariwisata, dan lain-lain), diharapkan mampu mencetak SDM pariwisata yang berkualitas nasional, bahkan internasional.

Begitu pula dengan masyarakat sekitar kawasan objek wisata. Dengan keramahtamahannya, mereka memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan yang senang dengan karakteristik masyarakat dengan kebudayaan yang menarik untuk dikunjungi. Menciptakan reputasi baik di kancah nasional maupun internasional juga perlu diperhatikan dan merupakan tugas setiap lapisan masyarakat agar terbangun paradigma positif tentang Sulawesi Selatan di mata wisatawan.

3.    Mengoptimalkan website pariwisata Sulawesi Selatan
Di era global seperti sekarang ini, internet mampu memudahkan siapa saja dalam menerima dan memberikan informasi dengan begitu cepat, dengan keakuratan tinggi, dan biaya yang cukup murah. Kemudahan ini wajib dioptimalkan oleh pemerintah Sulawesi Selatan di dalam mengelola website kepariwisataan yang telah ada. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini diyakini mampu memudahkan promosi pariwisata di Sulawesi Selatan. Pemerintah Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan pihak profesional di bidang IT dan pelaku bisnis pariwisata bisa mengoptimalkan website pemerintah Sulawesi Selatan dan website dinas-dinas terkait yang sudah ada. Search Engine Optimization adalah salah satu cara jitu promosi pengembangan pariwisata melalui situs. Tak hanya itu, agar situs tersebut ramai pengunjung, sebaiknya juga memuat:
a.  informasi detil mengenai objek wisata, klasifikasi jenis wisata (wisata alam, wisata gunung, wisata kuliner, wisata bahari, wisata budaya, dan lain-lain), penjelasan mengenai alternatif perjalanan yang bisa ditempuh, fasilitas penunjang di kawasan wisata, jadwal kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata, dan informasi pendukung lainnya (hotel, restoran, bank, travel, info belanja dan galeri foto);
b. fasilitas dwibahasa (bahasa Indonesia dan Inggris) agar calon wisatawan mancanegara yang berkunjung ke situs itu bisa menyerap informasi yang disampaikan;
c.    fasilitas yang memungkinkan pengunjung situs berinteraksi dengan admin situs.


4.    Memanfaatkan situs jejaring sosial
Pengguna situs jejaring sosial meningkat pesat seiring meningkatnya pengguna Internet. Informasi pun begitu cepat bergulir melalui situs jejaring sosial. Sebut saja Facebook, Twitter, Google+, My Space, Koprol, dan masih banyak lagi situs jejaring sosial dapat menjadi wadah promosi pariwisata yang mudah, murah, prospektif dan efektif jika dikelola dengan baik. Dengan bantuan tenaga terampil yang mampu mengoptimalkan situs jejaring sosial, pariwisata Sulawesi Selatan mampu meraih tempat di hati para pengguna situs jejaring sosial dan diharapkan mampu memberi peningkatan yang signifikan pada jumlah kunjungan ke objek-objek wisata di Sulawesi Selatan.

5.    Menggandeng Komunitas Blogger sebagai “duta pariwisata”
Lomba konten blog bertema: Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan ini salah satunya. Menggerakkan blogger untuk menuliskan hal-hal yang menarik tentang wisata Sulawesi Selatan di blognya masing-masing dari perspektif blogger, merupakan sebuah langkah nyata dalam mengembangkan promo wisata secara online. Komunitas Blogger Makassar sebagai komunitas kedaerahan yang berbasis di Sulawesi Selatan juga telah mempromosikan wisata Sulawesi Selatan di website angingmammiri.org dan juga di masing-masing blog personal para anggotanya, namun akan lebih menarik jika kerjasama dengan komunitas ini berlangsung intensif sebagai salah satu aspek yang mendorong pengembangan dan pertumbuhan pariwisata Sulawesi Selatan.

6.    Menjalin kemitraan dengan website  penyedia layanan informasi tempat wisata
Saat ini, situs penyedia informasi tentang tempat wisata, hotel, restoran, atau travel bertebaran di jagat maya. Hal ini adalah sebuah jawaban dari kecenderungan wisatawan yang akan mencari informasi tentang hal-hal tersebut sebelum memutuskan untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata. Menjalin kemitraan dengan website-website ini mampu mendongkrak jumlah kunjungan di objek-objek wisata di Sulawesi Selatan. Menerapkan promo paket wisata dengan biaya kompetitif di musim-musim liburan dengan jalinan kerja sama antar para pelaku usaha di sektor pariwisata ini juga menjadi salah satu trik mendatangkan wisatawan.

7.    Mengembangkan materi-materi kunjungan wisata
Video, slide, dan brosur berisi gambaran eksotisme alam dan keindahan objek-objek wisata yang wajib dikunjungi di daerah Sulawesi Selatan, yang disebarkan di bandara, hotel, restoran, atau titik-titik lain yang banyak dikunjungi oleh calon wisatawan dapat pula digunakan sebagai media promosi dengan harapan pariwisata Sulawesi Selatan menjadi promadona bagi pelancong lokal maupun mancanegara.

Sebagai masyarakat Sulawesi Selatan saya berharap, geliat sektor pariwisata di daerah ini semakin bergairah, dengan memperhatikan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan objek wisata, dan memanfaatkan promosi online, sehingga pemasukan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat juga lebih baik berkat sektor ini.





3 comments:

  1. Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

    ReplyDelete
  2. wah mbak, jadi pengen mengunjungi Sulawesi yang kaya akan peninggalan budaya dan sejarah. Semoga kelak diberikan rejeki untuk kesana. Amien

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mencantumkan nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...