Nov 26, 2016

7 Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com Bagi Blogger

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com

Awalnya, ngeblog buat saya adalah sebagai sarana “me time”. Tulisan saya berisi puisi atau curhatan galau. Belum kepikiran apa aja manfaatnya. Tapi sekarang saya udah tau keunggulan menggunakan top level domain .net/ .com dalam blogging.

Dalam perjalanan ngeblog, saya sempat hiatus juga. Pernah dalam setahun saya memposting tulisan hanya satu atau dua artikel saja. Namun, seiring berjalannya waktu, ngeblog ternyata tak hanya sebatas curhatan galau dan alay.  Saya mulai serius ngeblog di pertengahan tahun 2016 ini. Memang baru. 

Aktifitas ngeblog kini digeluti dengan banyak alasan. Sebatas hobi menulis, ikut tren biar keliatan eksis, sebagai side job, atau bahkan sebagai profesi yang digeluti secara full time dan menjadikannya sebagai mata pencaharian utama.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com
Credit Pic: IG DotComForMe
Sangat beragam. Dan tanpa disadari, ngeblog sebagai bagian dari internet, udah jadi gaya hidup masa kini. 

Saat ini juga udah banyak banget predikat blogger. Ada Mom blogger, Fashion blogger, Techno blogger, Lifestyle blogger, bahkan ada predikat blogger yang jarang ngeblog. Yang terakhir kayaknya predikat yang cocok untuk saya. Hihihi..


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com


Blog. Ibarat rumah, semua orang tentu memilih punya rumah sendiri dari pada ngontrak atau numpang di rumah sanak saudara. Banyak ketidakleluasaan, banyak rasa sungkan, dan tentu saja rasa nyaman akan lebih dirasakan saat tinggal di rumah milik sendiri.

Demikian halnya dengan Blog.

Memposting tulisan-tulisan di blog gratisan (Blogspot, WordPress, dan lain sebagainya) tentu memiliki banyak keterbatasan dibanding blog Top Level Domain seperti DotCom atau DotNet.
1.   Top Level Domain .Net/ .Com Mudah Diingat dan Lebih Keren
Alamat blog ndypada.com tentu akan lebih gampang disebut, ketimbang ndypada.blogspot.com kan? Alamat blog yang lebih singkat akan mudah diingat orang, keliatannya jadi lebih keren dan unik juga. 

2.   Menunjukkan Profesionalisme
Menggunakan DotCom atau DotNet akan menggambarkan keseriusan pemiliknya di dunia blogging. Ini bukan berarti pemilik blog gratisan gak serius. Tapi kembali lagi ke perumpamaan rumah milik sendiri tadi.

Blog berbayar dengan rutinitas postingan yang terjaga, menunjukkan keseriusan pemiliknya dalam ngeblog. Ini juga menjadi salah satu motivasi saya saat memutuskan untuk membeli domain DotCom. Biar makin rajin ngeblognya. Masa udah beli domain tapi blognya penuh sarang laba-laba?

3.   Sebagai Personal Branding
Apa yang dengan seketika orang ingat saat satu kata disebut atau satu logo dimunculkan. Contohnya, ketika kita mendengar lantunan jingle iklan dari tv, walaupun gak liat, udah pasti tau brand atau merk apa yang sedang diiklankan. Bahkan sampai ada beberapa jingle iklan yang fenomenal dan bikin kita akan ikut bernyanyi saat mendengarnya.

Atau ketika ingin membeli motor yang hemat BBM. Udah kebayang merk motor apa yang sering orang persepsikan sebagai motor yang irit, tapi gesit.

Blog dengan domain DotCom dan DotNet juga bisa menjadi sarana membangun brand diri kita sesuai seperti apa kita ingin dikenal orang. Melalui blog, kita bisa melakukan promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita. 

Konsistensi dan kualitas ngeblog juga berpengaruh terhadap personal branding. 

4.   Sebagai Aset Digital
Ketika mencari informasi tentang sesuatu, orang akan cenderung ingat google sebagai pemberi informasi terlengkap di internet. Blog dengan domain DotCom atau DotNet adalah yang paling populer di internet, bahkan masih banyak orang awam menganggap bahwa semua alamat web atau blog adalah berakhiran DotCom. Sehingga blog kita akan lebih mudah ditemukan Om Google. 

Konten yang bagus, informatif dan menarik adalah aset digital yang baik. Ditambah dengan desain tampilan yang kece, akan menjadi daya tarik sehingga blog semakin sering dikunjungi oleh pembaca. Pembaca akan datang lagi, lagi dan lagi. Ini akan berpengaruh terhadap peringkat blog kita di alexa.

5.   Reputasi Baik dan  Kredibel
Ketika blog kita semakin sering ditemukan di mesin pencari google, ini akan meningkatkan kredibilitas blog kita di dunia digital. Blog kita makin eksis dan memiliki kepercayaan tinggi.

Karena kita tidak bisa membeli kepercayaan. Ini hanya bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kita ngeblog.

6.   Peluang Kerjasama Lebih Besar
Bergabung dengan komunitas blogger, membuka peluang saya untuk berkenalan dengan banyaaak banget blogger hebat. Mereka gak pelit ilmu. Senang sekali membaca sharing mereka di blog. Sebut saya Mba Haya Aliya Zaki, Pak Amril Taufik Gobel, Mba Shintaries, Daeng Ipul, Kak Zilqiah, dan maaaasih banyak lagi. Selain itu, mereka senang berbagi info event atau info job buat blogger. 

Yes! Saat ini brand seneng banget meng-hire blogger yang memiliki blog TLD (Top Level Domain) dalam mempromosikan produk/jasa/eventnya. Brand percaya, blogger memiliki influence yang hebat dalam memaparkan opini positif, produk/jasa/event diulas mendalam, dan akan selalu ada di dunia maya, gampang ditemukan oleh google, dan ini adalah keuntungan bagi brand itu.

Brand, melalui atau tanpa melalui Agency (yang menghubungkan antara pemilik brand dengan blogger), dengan senang hati memberi benefit kepada blogger berupa cash money, produk, dan atau free invitation untuk hadir dalam seminar/talkshow/event dengan bintang tamu public figure. Asik kan? Jadi ga ada lagi alasan untuk gak pake #DotComForBlogging

Eh tapi harganya bagaimana?

7.   .Net/ .Com Murah Banget
Saya pernah ditanya oleh temen sekantor. “Wah blognya itu udah DotCom ya? Bayarnya pasti jutaan.” Haduuuh, masih banyak ternyata orang yang berpikiran kalo beli domain itu mahal. Padahal dengan 100.000-150.000 aja, kita udah bisa punya blog DotCom atau DotNet plus hosting 500mb, WordPress Installment, dan juga unlimited email personal DotCom. Wuih kece! 


Nah, setelah tau manfaat dan keunggulan menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com buat blog, tentu ada yang nanya, bagaimana memilih nama blog yang baik? Ini beberapa tipsnya.

1.     Untuk personal branding, pilih nama sendiri sebagai nama blog. Kalau nama lengkapnya terlalu panjang, pilih nama panggilan aja. Atau julukan yang sering orang berikan kepada si pemilik blog. Contoh, nama saya Andi Tenri Pada. Biasa dipanggil Ndy atau Indy. Nama blog yang saya pilih adalah NdyPada.Com.

       Contoh lain, Pak Amril Taufik Gobel. Blogger kelahiran Makassar yang punya badan subur ini memilih nama blognya: DaengBattala.Com. Daeng adalah sebutan untuk laki-laki di daerah Makassar. Battala dalam bahasa Makassar berarti berat atau besar.

2.       Untuk blog yang berniche tertentu, pilih nama blog yang mudah diingat.
Misal blognya membahas tentang kuliner. Mana yang lebih mudah diingat, www.kuliner-khas-indonesia.com atau Kulinerku.com?

3.       Nama blog mudah disebut, dieja dan diketik
Ketika menghadiri event blogger, yang wajib disebut saat berkenalan adalah nama blog. Jadi pilih nama blog yang simpel, mudah dieja, mudah diketik.

4.       Buat nama yang unik
Contoh untuk nama domain pengusaha rendang. Daripada memilih nama blog rendangkemasan.com yang pasaran banget, lebih baik pilih nama: rendangnenek.com yang lebih unik.

Big No dalam memilih nama domain untuk blog:
        1. Nama domain terlalu panjang
        2. Nama domain yang menggunakan angka
        3. Menggunakan tanda hubung atau symbol
        4. Hanya berdasarkan tren sesaat

56 comments:

  1. Saya juga setelah pake dotcom jadi semangat..walaupaun belum rajin-rajin banget..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak Alfu.. Saya juga belum rajin-rajin banget hihihi

      Delete
  2. sama kayak kak alfu diatas.. hehehe..

    Btw, mantap sekali tulisannya kak Ndy.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah blogwalking ya Vi :)

      Delete
  3. Bener banget, jadi lebih pede dan tanggung jawab utk menulis lebih baik ada ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba Pit. Jadi semangat untuk konsisten menulis.

      Delete
  4. setuju banget mbak..kalo pakai TLD perlu untuk personal branding dan mudah nerima job hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan job makin mengalir ya mba Tuty. Aamiin..

      Delete
  5. Fotonya koq kegedean, say?
    Untuk tampilan mobile gak kelihatan full fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dibenerin sama Kak Qiah, Kak Er..
      Terima kasih, Kak Ery perhatian banget *kecups*

      Delete
  6. Pengen pake dotcom uda keburu dibeli sama orang, terpaksa deh pake dotme :)

    ReplyDelete
  7. Pake dotcom awalnya untuk buat web photography :) nggak ngerti juga apa itu TLD ..eh akhirnya ngerti setelah berkenalan dengan banyak blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun mbaak..mbaknya juga :) aku senang banget jadi punya banyak teman di seluruh nusantara :)

      Delete
  8. baru bulan kemarin beli domain jadi TLD.. rasanya seneng gimana gitu dan lebih semangat nulis *walaupun tulisannya belum berbobot*.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dotcom nya masih baru Mba Giska. Semoga semangat ngeblog terus terjaga ya. Terimakasih sdh jalan-jalan ke sini :)

      Delete
  9. Saya rajin ngeblognya 1-2 thn setelah punya domain, setelah nya makin kendor semangat hehe. Punya anak tambah banyak kegiatan makin jaranggg lagi postingnya haha. Salam kenal ya Ndy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mba. Kadang malem-malem pas anak tidur, mau nulis tapi malah ketiduran sampe pagi hihihi.. Semoga terus semangat ngeblognya ya ��

      Delete
  10. Saya baru beberapa bulan ganti domain pribai, makasih mbak infonya...πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg masih baru mba domainnya. Makasih udah berkunjung ke blog saya, Mba Ria :)

      Delete
  11. Saya beli dot com karena hadiah dulu

    Ga terasa sudah lama juga pake dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah TLD bbrp tahun lalu kak. Karena jarang posting dan proses pindahan dari Jkt ke Mks, akhirnya lupa perpanjang domain. Akhirnya baru beli domain lg bbrp bulan lalu hehe..

      Delete
  12. Saya ber TLD baru 1 bulanan ini mbak, dan emang kerasa jadi lebih semangat ngeblog, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita terus semangat nulis di blog ya Mba :)

      Delete
  13. Aku baru mau pasang domain mba.. ohh iya good luck lombanya ya mba..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli domain .net atau .com memang paling recommended :)

      Delete
  14. Replies
    1. Pake top level domain .net atau .com ga ada ruginya kok. Bikin semangat ngeblog juga. Hehe

      Delete
  15. Masih meyakinkan diri nih mbak buat ganti dotcom hihi, salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg Mba Isthi..
      Mudah-mudahan tulisan ini bisa meyakinkan Mba Isthi utk ber-TLD hehehe..

      Delete
  16. Waktu pertama kali memutuskan ke dotcom karena pengin saja, dan pengen serius heheheh, kesannya keren ya pakai dotcom. Makin ke sini, ya ada juga hal-hal menyenangkan didapatkan dari blog dotcom.
    Untuk pemilihan nama, nah ini :D yang tiba-tiba saja terlintas hujanpelangi hahaha sehabis hujan biasanya ada pelangi *lol, mudah diinget

    Semangat yaa kak, semoga menang ^^

    ReplyDelete
  17. Hm pantesan Ndy beralih ke TLD. Top deh Ndy, sukses terus yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, makin berasa manfaat menggunakan top level domain dalam ngeblog. Salah satu inspirasinya ya kak Niar :)

      Delete
  18. iya sih, punyaa domain .com lebih mudah dapat job

    ReplyDelete
  19. thanks infonya..kebetulan pengen ganti domain hehe
    salam kenal

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  20. useful banget nih buat aku bloger pemula hehe

    ReplyDelete
  21. Aku pakai dotcom biar punya alasan buat nabung. anggap aja kayak lagi kontrak rumah, harus rajin nabung biar bayar tahunannya bisa

    ReplyDelete
  22. AKu juga merasakan manfaat paakai TLD, mba :)

    ReplyDelete
  23. Bener bangeeet, peluang kerjasama lebih besar! Aku pun ngerasain setelah TLD, ngga nyesel deh :D

    ReplyDelete
  24. Tdl makin singkat, lbh baik dan mudah diingat

    ReplyDelete
  25. yup.. benar sekali, ngeblog menggunakan domain dot com punya banyak keunggulan. yang pastinya tampil lebih keren..
    oh ya, saya baru pertama kali berkunjung. dan banyak informasi yang bermanfaat...

    ReplyDelete
  26. Mantaap lengkap banget ulasannya mbaak. . Ini saya lagi proses pindah rumah ke TLD mbaak. Hehehe setelah sekiaan tahun pakai domain gratisan 😁 biar lebih profesional dan branding blog 😊 tfs mbaak, salam kenaal yaakk. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain terlihat profesional juga semakin mudah untuk bisa bekerjasama dengan pengiklan

      Delete
  27. eh baru tahu saya daengbattala ini hehehe
    Saya ngerasain serius ngeblog pas pake dotcom. Udah dibayar gitu ya, kudu serius lah, walau terbata-bata belum kayak mbaknya

    ReplyDelete
  28. Gampang banget ya, Mbak instruksi belinya.
    User friendly banget^^

    ReplyDelete
  29. mudah beli domain plus oke pelayanannya ya mba, jadi makin banyak yg pakai domain TLD deh klo dimudahkan begini caranya, asyiik

    ReplyDelete
  30. Saya udah dua bulanan pake TLD. Dan secara gak langsung emang terasa banget manfaatnya. sejak pake TLD pengunjung blog makin banyak, mungkin karena domain lebih gampang dibaca kali yah. :D
    Selain itu semangat bloging juga semakin membara saja.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. Salim sama juri hehe.. Makasih Pak Amril :

      Delete
  33. Jadi ingat dulu waktu pertama pakai ekstensi .xyz

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...