Dec 28, 2016

Cara Efektif Promosi Produk Secara Online

Iklan yang tiba-tiba tampil ketika kita mengakses satu website, pasti bikin gak nyaman banget ya. Atau iklan yang kerap kali muncul di bagian atas atau bawah layar telepon pintar kita ketika menggunakan aplikasi. Pasti mengganggu. Lalu, apa yang teman-teman lakukan?

Hampir pasti, iklannya di-block atau di-skip.


Fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi pada beberapa pengguna internet di Indonesia. Ternyata ada sekitar 419 juta pengguna smartphone di seluruh dunia yang memblokir iklan online pada perangkat mereka. Setidaknya ini adalah laporan sebuah startup asal Irlandia, PageFair, yang dirilis pada tanggal 30 Mei 2016 tentang fenomena pemblokiran iklan (ad block) pada perangkat mobile. Angka tersebut jika dikonversi, adalah sama dengan 22 persen dari jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia dan 38 juta-nya adalah berasal dari Indonesia.




Sumber data: PageFair.com

Pengguna internet juga sudah berkurang kepercayaannya terhadap iklan. Pasti setiap orang berpikir bahwa produk yang diiklankan akan selalu mempromosikan produknya sebagai yang terbaik. Lalu bagaimana dong para pelaku UMKM mengiklankan produknya secara online kalau iklan-iklan yang dipasang di media online hampir gak terlihat gara-gara di-block?

The Power of Blog and Social Media

Karena memasang iklan di website-website sudah tidak efektif, saat ini pelaku bisnis melirik social media sebagai sarana promosi yang efektif. Dari 63 juta pengguna internet di Indonesia, 95 persennya aktif menggunakan social media seperti instagram, twitter, youtube (data dari kominfo.go.id). Blog juga menjadi salah satu alternatif bacaan di media online yang besar pengaruhnya terhadap pembaca.

Keunggulan sosial media dan blog untuk promosi antara lain:

1. Menampilkan informasi secara real time,
2. Membantu mengenali target konsumen berdasarkan gender, usia, wilayah,
3. Feedback secara langsung bisa diperoleh melalui komentar,
4. Membantu meningkatkan pengunjung website produk/brand yang diiklankan,
5. Informasi akan lebih cepat sampai kepada konsumen,
6. Meningkatkan brand awareness,
7. Budget promosi yang terjangkau.


Pelaku bisnis memang membutuhkan social media dan blog dalam menjalankan social media endorsement (influencer marketing). Namun kendalanya adalah, di mana dan bagaimana menemukan selebgram, youtuber dan blogger (sering disebut influencer) yang cocok dengan brand dengan budget yang telah ditentukan oleh brand. Setelah menemukan influencer yang tepat, masih banyak proses yang harus dilalui oleh brand. Memonitor pekerjaan influencer, apakah sudah sesuai dengan brief yang dberikan. Lalu mengetahui hasil/statistik dari promosi yang telah dilakukan. Jika semua tugas influencer telah selesai, betapa ribetnya brand jika harus melakukan pembayaran ke masing-masing influencer.

SociaBuzz: solusi praktis bagi bisnis dalam melakukan social media endorsement



Kendala-kendala di atas tidak perlu terjadi. Mempercayakan kebutuhan promosi kepada SociaBuzz adalah langkah praktis dengan proses yang mudah, cepat, aman, nyaman, dan tepat sasaran. 
Di bawah ini adalah panduan memulai campaign.
Tuliskan produk atau jasa apa yang ingin dipromosikan.


 Jelaskan secara detil apa dan bagaimana produk/jasa yang ingin dipromosikan.



Apa yang harus dilakukan oleh influencer dalam melakukan campaign yang kita inginkan. Mereview produk, mereview event dan lain-lain, di sini berisi brief dari pemilik bisnis.


 Pemilik bisnis mau promosinya di media mana saja. Centang media yang diinginkan.



Sertakan foto atau file pendukung yang dibutuhkan oleh influencer, lalu klik apakah anda pengguna baru atau lama. Lalu pilih: KIRIM.


 

Setelah mengklik “KIRIM”, pemilik bisnis akan menerima penawaran proposal dari influencer yang tergabung di Sociabuzz. Ada lebih dari 10.000 influencer yang siap mengajukan proposalnya. Pemilik bisnis bisa menyeleksi, influencer mana yang tepat. Sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.


Setelah mendapatkan influencer yang tepat, pemilik bisnis bisa langsung koordinasi dengan pihak influencer melalui fitur chat di SociaBuzz untuk mempersiapkan dan menjalankan promosinya.

Pembayaran lebih aman dan nyaman karena menggunakan escrow SociaBuzz. Pemilik bisnis tidak perlu repot lagi membayar semua influencers satu per satu, karena SociaBuzz yang akan melakukannya. Jika kerjasama dengan influencer batal, uang juga di-refund 100% ke pihak bisnis.

SociaBuzz: Cara tepat dan hemat, Campaign dengan manfaat maksimal

Selain menawarkan kemudahan dan proses cepat, SociaBuzz juga menjamin keamanan dan kenyamanan pemilik bisnis sebagai advertiser. Manfaat lain, konten promosi selamanya ada di internet dan social media, sehingga bisa ditemukan terus oleh calon konsumen dari pihak bisnis sampai kapanpun. Promosi juga lebih dipercaya konsumen karena disampaikan oleh orang-orang atau media yang mereka sukai dan percaya.



SociaBuzz juga menawarkan kemudahan dalam mendapatkan influencer yang sesuai budget promosi pemilik bisnis. Mulai dari Rp 50.000 per posting per influencer sehingga cocok untuk UMKM baik bisnis fashion, makanan, beauty and health, restoran/kafe, event, atau start up (website, mobile apps, games, produk digital, jasa online). 


Jadi untuk temen-temen UMKM dan startup yang lagi cari cara efektif untuk promosi online, klik SociaBuzz aja!

    12 comments:

    1. Saya dari Sociabuzz belum ada yg nemplok nih 😁 buat yg belum join, iya buruan deh. Campaign-nya emang keren2

      ReplyDelete
      Replies
      1. Advertisernya keren-keren. Mudah-mudahan segera ada yang nemplok di tahun 2017 ini ya mba :)

        Delete
    2. Saya belum gabung ke sociabuzz nih mbak hehehe. . Tfs yaaak 😁

      ReplyDelete
    3. bener ya mba. sekarang ada banyak saluran untuk promosi produk kita. Tinggal pintar2 milih strategi. Aniwei saya belum pernah jebol kampain di sociabuzz.. mudah2an 2017 ada yang jodoh ya./

      ReplyDelete
    4. Masih sedang mempelajari startup yg satu ini.,, terima kasih infonya mbak! Mau kepoin SocioBuzz ahh.., ;D

      ReplyDelete
    5. ninggalin jejak dulu mbak :)

      ReplyDelete
    6. wahh baru tau nih ttg socialbuzz. ntar nanya2 detailnya ahh pas ketemuan lagi ama ndy

      ReplyDelete

    Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mencantumkan nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...