Dec 8, 2016

Ngobrol Penuh Inspirasi Bersama Tiket.Com: How To Attract Brand And Monetize Blog

Sabtu 3 Desember 2016 lalu saya berkesempatan untuk hadir dalam  acara Ngobrol Penuh Inspirasi #NgopiBarengTiket Makassar, “Magnetize + Monetize. How To Attract Brand and Monetize Your Blog” yang diadakan oleh Tiket.Com. Sharing session yang mengundang para blogger ini telah digelar di 6 kota besar di Indonesia, dan Makassar adalah kota ketujuh yang dikunjungi Tiket.Com untuk menutup penghujung tahun 2016 ini.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .Net/ .Com


Walaupun gerimis, tak menyurutkan niat saya untuk hadir tepat waktu di event yang mengusung tema keren ini. Temanya menarik banget buat blogger yang baru belajar monetize blog seperti saya. Ketika tahu kalau yang akan dibahas adalah bagaimana cara mengoptimalkan blog hingga menghasilkan uang, saya gak berpikir dua kali untuk daftar event ini. Apalagi pembicara dan moderator yang akan hadir keren-keren. 

#NgopiBarengTiket.Com Makassar

Pukul 09.50 saya tiba di Melia Makassar Hotel Jalan Andi Mappanyukki No. 17 Makassar. Acara ini dihadiri oleh lebih kurang 50 orang blogger. Event ini juga menjadi ajang networking untuk para blogger yang hadir. Saya tak perlu menunggu lama, pada pukul 10.10, event ini dibuka oleh Mba Nuniek Tirta selaku moderator. Mba Nuniek ini adalah seorang blogger sejak tahun 2001 dan juga founder of Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group. 


Pembicara di event ini ada Mas Gaery Undarsa selaku Co Founder & Chief Communication Officer Tiket.com dan Kak Mugniar, seorang MomBlogger yang sudah malang melintang di dunia blogging sejak tahun 2006 dan memiliki banyak pengalaman dalam monetize blog.

Pencapaian Tiket.Com
Mas Gaery Undarsa ternyata dulunya bekerja dan menetap di Kanada selama 10 tahun. Namun karena kecintaanya terhadap tanah air, Mas Gaery terpanggil untuk kembali ke tanah air pada tahun 2011 dan mendirikan Tiket.com, yang 100% murni adalah milik Indonesia. Tidak ada saham atau campur tangan pihak asing di Tiket.Com. Inilah semangat Nasionalisme yang diusung oleh Mas Gaery dan semua tim Tiket.com.

Mas Gaery dan Mba Nuniek on stage
Sebagai online travel agent pertama & terlengkap di Indonesia, Tiket.Com hadir untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan akomodasi masyarakat mulai dari tiket pesawat, kereta api, cari dan pesan hotel, tiket hiburan dan sewa mobil. Tiket.com melayani 14 Airlines Lokal dan Regional sebanyak 180.000 rute setiap harinya. Selalu memberikan promo tiket murah dan hotel murah karena telah bekerjasama dengan banyak Airlines dan lebih dari 3.500 Hotel di seluruh Indonesia.

Dalam 5 tahun ini, Tiket.com melayani 15.000 lebih booking tiket per hari dengan 3juta-an pengguna. Angka yang fantastis! Ini tentu tak lepas dari kerja keras dan kerjasama dari seluruh tim Tiket.com. 

Sebagai bonus dari jerih payah Tiket.com, sudah banyak prestasi dan award yang diperoleh. Prestasi ini juga menjadi bukti keseriusan Tiket.Com dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang serba mobile. Yes! Saat ini pengguna Tiket.com tak hanya bisa mengakses melalui website, tapi juga menggunakan aplikasi yang bisa didonwload secara gratis di appstore atau googleplay.

Penghargaan yang diraih Tiket.com
Sekarang Tiket.com sudah memiliki 280 karyawan dan juga mempunyai Customer Service yang online selama 24 jam. CS Tiket.com adalah karyawan Tiket.com, bukan outsourcing.   

Tiket.Com Kagum Terhadap Makassar
Makassar adalah kota terbesar Indonesia pertama di luar Jawa dan merupakan salah satu dari 5 Kota Terbesar di Indonesia. Pengguna internet di Makassar sangat aktif. Apalagi beberapa tahun terakhir, Makassar semakin crowded sehingga pengguna mobile internet pun terus meningkat. 

Tak hanya itu. Makassar juga memiliki Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin. Bandara ini merupakan pintu gerbang menuju ke Indonesia Bagian Timur. Karena alasan inilah sehingga di tahun 2017 mendatang, Tiket.com berencana membuka representative office-nya yang keempat di Makassar. Saat ini Tiket.com telah memiliki 3 kantor di kota besar Indonesia yakni Jakarta, Jogjakarta dan Bali. Insya Allah yang keempat adalah Makassar. 

Sebelum mengakhiri paparannya, Mas Gaery ngasih info tentang tawaran kerjasama dengan Tiket.com. Ada 3 jenis partnership yang menarik.

1. Tiket.Com Affiliate Partner
Agent dapat membuat suatu aplikasi travel dan entertainment untuk website ataupun mobile, di mana data-data yang diperlukan, yakni informasi penerbangan, hotel dan sebagainya diambil dari Tiket.com melalui API (Application Programming Interface) yang disediakan.
2. Offline Agent Reseller
Walaupun Tiket.Com berbasis online, ternyata ada banyak agen atau reseller yang memasarkan produk Tiket.Com secara offline di berbagai wilayah di Indonesia. Ini memudahkan user yang belum atau malas menggunakan media online dalam memesan tiket.
3. Pemasangan Widget
Untuk blogger, ada berita gembira. Dengan memasang search box/kotak pencarian di blog kita, pengunjung dapat melakukan pencarian tiket atau voucher yang diinginkan. Saat terjadi transaksi di Tiket.com melalui widget kita, otomatis kita akan mendapatkan 

Monetizing Blog Ala Kak Mugniar
Kak Mugniar adalah Mom Blogger yang sangat aktif dan produktif. Memulai menulis di blog sejak 2006 namun blognya hanya sebagai diary. Setelah vakum dan kembali ngeblog di tahun 2011, Kak Mugniar ingin menjadikan blog www.mugniar.com sebagai prasasti sejarah dalam hidupnya. Nantinya blog itu akan diwariskan kepada anak cucunya untuk dibaca dan menjadi pelajaran hidup bagi mereka. 

Materi yang dibawakan oleh Kak Mugniar
Menulis adalah passion Kak Mugniar. Bergabung dengan banyak komunitas blog mempertemukan Kak Mugniar dengan banyak teman yang memiliki passion sama. Saya juga mengenal Kak Mugniar karena bergabung di komunitas blogger. Saling kenal di social media, mulai akrab walaupun hanya di dunia maya namun baru bertemu secara langsung di Makassar di awal 2016.

Dari pemaparan Kak Mugniar, setidaknya saya mencatat beberapa tips apa aja yang blogger harus lakukan agar memiliki blog dengan reputasi yang baik.

1. Membuat tulisan yang menarik, karena content is a king!
Blog dengan konten yang menarik tentunya memiliki pembaca setia. Dengan konsisten menulis di blog dengan konten yang bermanfaat, tak hanya disenangi oleh pembaca. Tapi juga disenangi oleh mesin pencari.

2. Memiliki ciri khas.
Kak Mugniar memiliki blog random alias blog gado-gado. Tidak ada niche tertentu di blognya. Sehingga beliau membangun personal branding agar memiliki ciri khas sendiri. Setiap blogger tentu memiliki gaya menulis yang khas dan itu adalah salah satu kekuatan yang dimiliki oleh blogger. 

3. No Copy Paste
Tidak melakukan plagiarisme adalah wujud menghargai karya diri sendiri dan orang lain. Menuangkan ide dan pikiran sendiri lewat tulisan, kemudian dipublish di blog sendiri, tentu jauh lebih priceless ketimbang mengutip karya orang lain.

Kalaupun butuh referensi dan mau mengutip tulisan orang lain, seharusnya kita mencantumkan sumbernya. Ini juga berlaku untuk foto atau gambar ya!

4. Tampilan blog harus menarik
Blog dengan tampilan menarik bikin betah pembaca. 

5. Jujur
Menulislah sesuai apa yang dilihat dan dirasakan. Jangan mengaku menggunakan produk A padahal tidak. Ingat! Dunia internet merekam semua jejak penggunanya. Sekali aja kita tidak jujur, pengguna internet di belahan dunia manapun bisa tau itu. So, Keep Honesty!


Kak Mugniar juga sharing bagaimana beliau mencari ide untuk tulisan-tulisan yang ada di blognya. Tipsnya adalah, mengamati kejadian di sekitar kita. Apa yang terjadi saat perjalanan menuju atau pulang kantor, bisa menjadi satu postingan blog. Untuk Mom blogger, cerita tentang anak bisa jadi segudang informasi. Contohnya ketika anak sakit dan bagaimana cerita melalui itu. 

Saat membaca buku, majalah, koran, blog orang lain, juga bisa menjadi ide dalam menulis di blog. Postingannya bisa dalam bentuk resensi, atau komentar kita mengenai sesuatu yang dianggap menarik dari sebuah artikel.

Kita juga bisa mengamati trend di media social dan berita hangat di TV atau media online. Ada banyak banget info yang menarik untuk diulas di blog kita.

Saat bertemu teman atau keluarga, arisan atau silaturahmi. Pasti seru jika dibahas di blog.

Ide dalam menulis sebenarnya berkeliaran di sekitar kita. Saya perhatikan, Kak Mugniar ke mana-mana selalu membawa buku saku dan pulpen. Saya yakin, beliau selalu mencatat ide ketika terbersit. Tiba di rumah, baru dieksekusi menjadi satu postingan yang menarik untuk dibaca.

Blog Adalah Pintu Rezeki
Kak Mugniar menjelaskan, konsisten menulis di blog aja tidak cukup. Blogger juga butuh senjata untuk mengoptimalkan blog yang dimiliki. Ada senjata Hardware dan software. Pasti semua sudah tahu. Namun yang gak kalah penting adalah senjata Brainware, Perilaku dan Komunitas. Brainware penting untuk mengembangkan bahasan topik yang ditulis di blog. Biar pembahasan di blog gak monoton. Perilaku blogger juga harus dijaga agar citra baik selalu terpancar. Brand atau Agency mana sih yang mau bekerjasama dengan Blogger yang punya attitude minus? Brand atau agency sering memantau perilaku blogger loh! Melalui media sosial dan postingan kita di blog.

Bergabung di komunitas sebagai sarana sharing. Informasi mengenai event, job, dan lain-lain juga seringkali bermula dari komunitas. Jadi, bergabung di banyak komunitas yang satu passion gak ada ruginya.

Blog, secara konkrit bisa menjadi pintu rezeki bagi pemiliknya. Kak Mugniar menjelaskan beberapa contohnya.

Tawaran review produk
Saat brand meluncurkan produk baru, mereka kadang mengundang blogger untuk hadir dalam event launching produk baru. Atau produk dikirimkan ke alamat blogger, kemudian diharapkan blogger mereview setelah mencoba produk tersebut.

Saran kak Mugniar, tulislah review sesuai gaya menulis kita sendiri. Jujurlah dalam mereview, utamakan menceritakan pengalaman pribadi saat menggunakan produk tersebut.

Link dalam konten
Brand meminta blogger memasang satu atau beberapa link di dalam postingan yang dibuat oleh blogger. Biasanya untuk bentuk kerjasama ini, brand membebaskan blogger dalam menuliskan kontennya, yang penting berkaitan dengan link yang dipasang.

Content Placement
Lakukan negosiasi dengan pihak brand untuk bisa mengedit konten yang akan diposting di blog kita. Edit dan sesuaikan dengan gaya menulis kita sebagai pemilik blog.

Content Writer di Media Lain
Tak jarang blogger ditawari menulis di website lain karena pemilik web tersebut suka dengan gaya menulis blogger. Keren ya!

Afiliasi dan Menjadi Buzzer atau Admin di Media Sosial
Blogger juga sering mendapat tawaran untuk program afiliasi brand. Komisi yang diperoleh sesuai kesepakatan di awal. 

Menjadi buzzer di media sosial, mempromosikan produk atau event atau campaign tertentu di twitter atau instagram bisa menjadi ladang rezeki untuk blogger. 

Ada juga yang ditawari menjadi admin sosial media baik brand, maupun instansi pemerintah. Bisa menambah relasi, dapat fee lagi. Saya senang sekali bisa menimba ilmu blogging dari Kak Mugniar di event ini.


Nuniek Tirta Sharing di #NgopiBarengTiket Makassar
Ada yang unik dari event ini. Biasanya setelah pemateri sharing, acara selanjutnya adalah sesi Tanya jawab kan? Nah ini beda. Karena moderatornya adalah blogger kondang, Mba Nuniek juga sharing pengalamannya me-monetize blog.

Yang pertama yang harus dilakukan blogger adalah Personal Branding. Menurut pemilik blog www.nuniek.com ini, Personal Branding dimulai dari Get Awareness. Mba Nuniek membangun personal brand sebagai blogger sejak 2002, namun sempat tenggelam karena sibuk dengan keluarga.

Para Pembicara di #NgopiBarengTiket Makassar
Pada tahun 2010, Mba Nuniek merasa perlu kembali membangun personal brand dengan alasan mengejar ketertinggalan. Sebab suaminya, yang juga adalah Co-Founder & CTO Tiket.com telah mencapai angka 8 namun Mba Nuniek masih di angka 4 dalam hal aktualisasi diri.

Saat ini, Get Awareness sebagai blogger sangat dimudahkan dengan adanya sosial media. Mengikuti event blogger juga salah satu cara to Get Awareness.

Selanjutnya adalah Interest. Meningkatkan ketertarikan pembaca dengan terus konsisten ngeblog dan share hal-hal positif di sosial media. Ini akan meningkatkan jumlah pembaca blog dan followers sosial media. Like dan share, retweet, regran pun semakin meningkat.

Selanjutnya Desire And Action. Yaitu tahap meyakinkan brand bahwa kita adalah blogger yang mampu menginfluence pembaca. Buat Rate Card yang memuat capture blog, deskripsi blog, fakta-fakta tentang blog kita yang berisi data mengenai DA dan PA, Google analytic, dan Alexa Rank. Capture juga konten-konten yang berkualitas, pengalaman saat menuliskan review produk brand terkenal, serta informasi mengenai followers sosial media kita. Intinya, cantumkan prestasi kita selama ngeblog di dalam Rate Card.


Mba Nuniek dan Kak Mugniar, Mom Blogger yang sudah me-monetize blognya secara optimal. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari kedua orang ini
Sesi tanya jawab yang ditujukan untuk Mas Gaery, Kak Mugniar dan Mba Nuniek tak kalah serunya. Dan tanpa terasa #NgopiBarengTiket ini udah di penghujung acara. Sebagai penutup, para blogger melakukan foto bersama dan makan siang. Saya dan teman-teman dari Makkunraina Anging Mammiri (MAM) juga menyempatkan foto bersama Mas Gaery, Mas Natali, Mba Nuniek dan Kak Mugniar serta Tim Tiket.Com.



Terima kasih Tiket.Com, Mas Gaery, Kak Mugniar dan Mba Nuniek. Sampai ketemu di event seru berikutnya :) 


Catatan: Foto dalam postingan ini adalah Koleksi Kak Qiah, Kak Lia, Mba Nuniek, dan Ndy Pada

24 comments:

  1. Replies
    1. Tips dari Kak Mugniar adalah pondasi untuk monetize blog ya Mba Ria. Pokoknya event kemarin itu saya banyak banget dapat ilmu dari pembicara dan moderatornya

      Delete
  2. kapan yah MAM ngetrip bareng2 dengan tiket.com hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngetrip bareng MAM dan Tiket.Com, wah seruu!

      Delete
  3. Wih lengkap Ndy. Moga jadi salah satu pemenang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doa kak Niar makbul nih.. Kalo saya ikut lomba blog lagi, mau minta doa kak Niar lagi ah. Hehehe..

      Delete
  4. Detail semua tawwa reviewnya..gudlak kak ndy πŸ‘

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Makasih Mba Nuniek.. Sharing session di event #NgopiBarengTiket kemarin membakar semangat untuk terus ngeblog :)

      Delete
  6. Wahhh lengkap banget reviewnya. Good luck yaa

    ReplyDelete
  7. Sukaaa, ticket.com selain memberikan kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan akan ticket, juga memberikan sharing bagaimana kita, sebagai blogger memiliki ilmu dan pengetahuan. Kolaborasi yang sangat brilliant nih, mbak nuniek dan suaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba. Terimakasih udah berkunjung :)

      Delete
  8. asyik dan seru banget sepertinya disana :) senang bisa punya pengalaman baru dari event ini tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba. Eventnya seru dan banyak manfaat utk blogger.

      Delete
  9. 5 tahun, tp pencapaian tiket.com udh sekeren itu, duh beruntungnya dikau mbk dpt ilmu dr tiket.com, ditambah mbk nuniek plus mbk niar pulak, dan aku jg beruntung, dpet shre info dr dikau, makasih bnyak ya mbk udh dishareee

    ReplyDelete
  10. asik ya mbak ngobrol barengnya. Ilmunya juga bermanfaat nih. Aku belum bisa membangun personal branding nih mbak, PR buat belajar lagi. Makasih sharingnya mbak :D

    ReplyDelete
  11. Aku bebrapa kali cari tiket juga di ticket.com hehe

    ReplyDelete
  12. kopi mana kopi???

    Pasti bakal seru kalo ikut langsung, thanks share nya mbak

    ReplyDelete
  13. Wuihhh... ada kak niar juga jadi pembicara..

    ReplyDelete
  14. Terimakasih sudah dituliskan kembali dengan lengkap, walau ndak hadir jadi dapat menambah pengetahuan untuk jadi blogger dan memiliki ke unikan di jagad maya

    ReplyDelete
  15. Semoga suatu saat nanti saya ada kesempatan untuk jajan jalangkote di Makassar, beli tiketnya di tiket[dot]com πŸ˜‚ Sharing-nya Kak Mugniar juga lengkap. Iya, sama. Sederhananya, blog itu untuk rekam cerita hidup kita 😁

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...