Nov 2, 2016

Dancow Explore The World, Jelajahi Dunia Bersama Si Kecil

Memanfaatkan hari libur dengan berkunjung ke obyek wisata bersama anak adalah kegiatan yang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah memberikan pengalaman baru yang menyegarkan bagi anak dan membuat mereka bebas bereksplorasi. Dan tentu saja bikin anak jadi happy.

Namun kadang sulit menemukan waktu yang cocok untuk liburan bersama keluarga di luar kota atau luar negeri. Belum lagi budget kadang menjadi kendala sehingga rencana bertualang ke destinasi impian belum terlaksana.















Alhamdulillaah, Sabtu 29 Oktober 2016 lalu, setelah menghadiri Seminar Parenting dan Penerimaan Rapor di sekolah Fadel, saya dan keluarga berkesempatan hadir dalam event yang diselenggarakan oleh DANCOW EXCELNUTRI+ yaitu DANCOW EXCELNUTRI+ Explore the World di Mall Panakkukang, Makassar. Loh, liburan kok di Mall?

Jangan salah sangka. Ini bukan wahana bermain yang pada umumnya ada di mall. Ini adalah inovasi program Dancow Excelnutri+ yang bertujuan agar si kecil bersama Ayah dan Bunda dapat belajar dan bereksplorasi bersama. Terdapat 4 zona bermain sambil eksplorasi yang seru dan sangat mendidik di Ballroom Mall Panakkukang seluas 462m2 ini, antara lain:

Zona Jepang
Si Kecil dapat menikmati nuansa pekarangan negara Jepang dengan bunga sakura dan juga berkreasi membuat origami dan bermain lego.










Ada area foto keluarga dengan menggunakan kostum khas negeri sakura yaitu yukata. Fotonya bisa langsung dibawa pulang loh!










Di zona ini juga ada Booth Konsultasi dimana Ayah Bunda bisa bertanya kepada dokter dari Dancow Parenting Center tentang nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. 
Sementara orang tuanya berkonsultasi dengan dokter, Fadel main kuda poni :D 

















Zona Indonesia
Di Indonesia ada pantai dengan pasir putihnya, Fadel bebas bermain pasir dan bereksplorasi dengan lumba-lumba melalui teknologi 4 dimensi Augmented Reality. Fadel seseruan dengan mencoba foto naik banana boat.























































Zona Brazil
Ada nuansa hutan amazon negara Brazil dan kami juga sempat berfoto bersama harimau. Wah, ada harimau di dalam mall? Iya, melalui kecanggihan teknologi 4D Augmented Reality, fotonya beneran kayak ada di hutan amazon bersama harimau.


Zona Belanda
Di zona ini ada sapi warna warni. Fadel bisa merasakan pengalaman seru memerah susu sapi. Ada juga kebun mini yang bisa dieksplor oleh si kecil. Belajar memindahkan tanaman dari kebun ke pot kecil. Tanamannya boleh dibawa pulang. Ini untuk melatih kesabaran, kehati-hatian dan kecintaan anak pada tumbuhan.










Fadel juga memancing ikan di kolam.







Setelah memancing, Fadel haus. Eh ada Mba yang nawarin minum susu Dancow Excelnutri+, terima kasih. Saking cepetnya minum, belum sempat difoto, susu segelas sudah habis hihihi..











Keseruan tak sampai di sini saja. Sambil Fadel bermain di 4 Zona tadi, saya berkesempatan untuk ikut dalam bincang-bincang bersama Psikolog Ratih Ibrahim, Pakar nutrisi Sari Sunda Bulan, AMG, Pemain film Carissa Putri, dan MC Shahnaz Haque serta Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ Nestle Indonesia  Riza Nopalas. 
Sumber foto: Dancow Center






Dari bincang-bincang singkat bersama para pakar ini, saya mencatat beberapa poin penting tentang pentingnya pembentukan kepercayaan diri dan kemampuan psikomotorik anak di periode emasnya. Orang tua harus senantiasa memberikan secara optimal hal-hal berikut ini:
Cinta kasih
Cinta sejati Ayah dan Bunda untuk terus mendorong si Kecil untuk terus bereksplorasi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimalnya. Dengan bereksplorasi, si Kecil akan mengenal dan berinteraksi dengan hal-hal baru sehingga membantu mengasah keterampilan sensorik dan motorik, keterampilan dalam berkomuniakasi, sosio-emosional, kemandirian, kognitif serta kreativitas si Kecil. 
Nutrisi
Asupan gizi yang seimbang dan sesuai usia sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal si Kecil yang sedang berjalan pesat.  Untuk memastikan zat gizi dapat diserap dengan baik oleh tubuh si kecil, maka kesehatan saluran cerna perlu dijaga terkait fungsinya yang antara lain adalah untuk mengolah gizi disamping peran lainnya yang tak kalah penting, yaitu sebagai organ imunitas terbesar.
Asupan spesifik seperti Lactobacillus Rhamnosus terbukti dapat membantu menurunkan resiko infeksi pada anak. Selain itu, vitamin dan mineral spesifik seperti vitamin A, C dan E serta mineral selenium dan zink juga dapat membantu mendukung daya tahan tubuh si Kecil. Sedangkan untuk mendukung perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya dibutuhkan nutrisi sepertu misalnya minyak ikan, protein dan kalsium. Saat si Kecil sehat dan terlindungi, ia dapat bereksplorasi sesuai dengan tahapan usianya untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisiknya
Stimulasi 
Nutrisi saja tidak cukup. Orang tua juga harus terus menstimulasi si kecil antara lain dengan cara:
· Bermain bersama anak dan tidak banyak melarang ini itu.
· Melatih keberanian anak untuk bereksplorasi, memberi cukup ruang dan keyakinan kepada anak sesuai tahapan perkembangannya.
· Orang tua selalu mendampingi
· Jangan pelit memberi pujian, namun gak boleh lebay juga.
· Jangan mendikte atau memaksa anak
· Selalu berempati dan bersimpati terhadap pencapaian anak  

Pokoknya acara ini seruuuu banget. Fadel bisa bebas bereksplorasi, bermain sambil mengenal banyak hal baru. Saya bangga bisa memberinya kebebasan bereksplorasi, sambil menambah wawasan tentang kebutuhan tumbuh kembang anak.

11 comments:

  1. Wah..liputan tentang wahana permainannya lengkap (y)
    Saya malah agak susah masuk ke wahana2 itu saking banyaknya orang :)

    ReplyDelete
  2. Lengkap ulasannya..Akhirnya saya bisa berfoto pake yukata pas hari keduanya walau masih tetep ngantri panjang..hihi

    ReplyDelete
  3. Seruuuuuuu kak Ndyy...
    main2nya dapat, seminarnya dapat
    makasih postingannya kak Ndy

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa nyoba semua permainan. Sa gak sempat krn keburu tidur

    ReplyDelete
  5. Anak senang, ibu tenang ya karena anak bisa bermain, suasana aman sementara ibunya bisa ikut talkshow-nya juga. Talkshow-nya keren lagi, psikolog dan ahli gizinya memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat, ya Ndy :)

    ReplyDelete
  6. Serunya..ada zona-zona mainnya. Keren-keren lagi yak tiap zona permainannya. Si kecil bisa explore sepuasnya.

    ReplyDelete
  7. Aaah, akhirnya bisa komen hahaha maapkan akoh gaptek :D
    Sekarang mall udah jadi tempat hiburan & liburan ya mba, banyak acara & kegiatan yg disediakan terutama buat anak2, jadi emaknya bisa sekalian jalan2 ke emol juga hihihi

    ReplyDelete
  8. Seru eventnya.. edukatif dan fun sekali :D

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Deh kak Ndy sukses coba semua wahananya ^^ saya menyerah ma hahahs

    ReplyDelete
  11. Ah jadi kangen nge mall di Indonesia...rame ya...banyak spot spot bermain gitu..
    Sukses selalu ya mbak :) Salam

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mencantumkan nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...