Apr 24, 2018

4 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan ke Samosir - Danau Toba

Rasanya siapapun bakal setuju kalau Indonesia adalah potret surga kecil yang ada di dunia. Ya, sebab kalau terbang dari Sabang sampai Merauke bersama Lion Air, rasanya siapapun nggak bakal bisa berhenti mengagumi keindahan alam Indonesia. Nah, salah satu tempat wisata yang menarik itu ada di Samosir. Saya pun penasaran dengan segala keindahan alam dan keramahan penduduk sekitar. Semoga suatu saat bisa pergi liburan ke Samosir bersama keluarga, terutama Danau Toba. Tapi, apa sih menariknya Danau Toba yang berada di Kabupaten Samosir sehingga saya penasaran pengen liburan ke sana?

Tak sedikit orang yang mempercayai kalau destinasi wisata yang satu ini memiliki kaitan dengan legenda seorang petani yang bernama Toba dan istrinya yang merupakan jelmaan seekor ikan. Tapi terlepas dari legenda itu, Danau Toba memang punya sederet titik menarik yang sama sekali nggak bisa kamu lewatkan begitu saja ketika memutuskan untuk pergi berlibur ke tempat yang satu ini. Jadi buat teman-teman yang berada di luar pulau Sumatera, seperti saya, terbang bersama Lion Air bakal menjamin perjalanan di udara terasa menyenangkan. Sebelum berangkat ke Samosir, berikut ini catatan saya mengenai tempat-tempat rekomendasi dari teman-teman yang ada di sekitar kabupaten Samosir dan Danau Toba.


1. Danau Sidihoni
sumber: batakgaul.com
Seorang teman pernah cerita ke saya saat kami mengobrol tentang pesona Sumatera Utara, tentang danau di atas danau. Lokasinya berada di Pulau Samosir, di tengah-tengah Danau Toba. Ya! Ketika berkunjung ke Samosir, pastikan untuk tidak melewatkan fenomena perubahan warna air yang ada di Danau Sidihoni. Berada di kecamatan Pangururan, masyarakat setempat percaya kalau air di Danau Sidihoni akan berubah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi di Indonesia. Percaya atau tidak? Lebih baik kita pastikan sendiri yuk!
2. Batu Parsidangan
sumber: tobaholiday
Raja Laga Siallagan adalah tokoh penting dalam perkembangan peradaban yang berada di sekitar Kampung Siallagan. Nah menariknya adalah tempat ini memiliki batu parsidangan yang dipakai untuk mengadili seseorang yang berlaku jahat. Selain itu kita juga akan menemukan rumah adat di daerah ini dikelilingi pagar batu dan bambu. Katanya sih biar  warga setempat bisa terhindar dari serangan binatang buas. Hmm.. Jadi penasaran!
3. Bukit Pusuk Buhit
sumber: batakindonesia
Berada di pulau Samosir, konon area perbukitan Pusuk Buhit ini merupakan tempat awal mula suku Batak. Tapi terlepas dari kisah legenda yang ada, ketika memutuskan untuk berwisata ke Bukit Pusuk Buhit ini, kita harus memastikan untuk membawa kamera atau smartphone dengan kondisi baterai penuh. Kenapa? Karena pasti bakal menyesal kalau tidak mengabadikan pemandangan yang ada dari atas tempat ini, ya kan?
4. Ulos di Desa Lumban Suhi Suhi
sumber: netralnews
Selain pemandangan alam, kita juga bisa mengenal lebih jauh tentang budaya dan adat setempat jika pergi ke Desa Lumbang Suhi Suhi. Sama halnya dengan kain sutera dari Kabupaten Sengkang di Sulawesi Selatan yang ditenun oleh perempuan Bugis di sana, para perempuan di Desa Lumbang Suhi Suhi juga menekuni profesi sebagai perajin Ulos yang merupakan kain khas suku Batak. Tentu serupa dengan kain sutera, ulos pun pastinya ditawarkan dengan harga yang sangat beragam, sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya.

Wah list yang wajib dikunjungi ini semakin panjang. Liat-liat kalender 2018, ada banyak tanggalan merah juga. Teman-teman ada rencana liburan ke Samosir juga? Jangan lupa biar tambah seru, pakai Lion Air yang bakal menjaga mood liburan tetap menyenangkan sampai di tempat tujuan. Intip harga tiketnya yang cocok dengan budget liburan bersama keluarga di https://www.traveloka.com/lion-air.  Jadi, sudah bikin list destinasi wisata yang akan dituju kalau berlibur ke Kabupaten Samosir dan Danau Toba?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...