Mar 7, 2018

Mengajak Fadel Belajar Mandiri bersama Rumah Juara

Sebagai seorang ibu, memotivasi Fadel untuk giat belajar itu bisa dibilang susah-susah gampang. Harus punya kiat khusus biar Fadel tertarik dan merasa nyaman mempelajari materi pelajaran. Apalagi di era sekarang ini, anak sudah sangat familiar dengan gadget dibanding membaca buku cetak keluaran sekolah. Begitu pula dengan teman-teman sebaya Fadel, saya lihat sudah menjadikan gadget sebagai alat permainan sehari-hari. Sehingga mau tidak mau, suka atau tidak suka, orang tua seperti saya akan sangat sering mendengar rengekan anak yang meminta gadget.


Tak bisa dipungkiri, selain sebagai alat komunikasi, sedikit banyak ternyata gadget juga memberi pengaruh yang buruk terhadap kebiasaan belajar anak. Kadang saya berpikir, bagaimana caranya agar gadget tidak memberikan dampak buruk terhadap tumbuh kembang anak. Bagaimana caranya agar dengan gadget, justru menjadi tren gaya belajar anak. 

Saya dan suami sebenarnya tidak serta merta menjauhkan gadget dari Fadel. Dalam sepekan, di hari libur Fadel boleh bermain dengan gadget. Hanya saja, Fadel memang perlu untuk selalu diberi pengertian untuk memanfaatkan gadget dalam kegiatan positif. Apa saja yang boleh. Seperti menonton video online yang berisi cerita ringan tapi punya pelajaran, saya bolehkan. Tapi nontonnya bareng-bareng. Sekaligus untuk mengawasi juga. Ada juga cara lain yang saya lakukan untuk mengajak Fadel belajar kreatif dengan gadget. Bagaimana caranya? 


Sering sekali saya mencari referensi aplikasi belajar di internet, ada banyak artikel yang mengulas tentang pola belajar kreatif melalui media interaktif. Namun tidak terlalu banyak media interaktif yang cocok dengan kurikulum pendidikan yang diterima oleh anak-anak di bangku sekolah. Sebagai orangtua, tentu yang saya inginkan adalah Fadel mendapat materi belajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru Fadel di kelas. Harapannya, dengan materi tambahan tersebut, Fadel bisa lebih paham dengan materi yang diberikan oleh gurunya. 


Berhubung Fadel masih duduk di bangku sekolah dasar, saya masih mengalami kesulitan untuk mencari media belajar di luar buku cetak. Beberapa yang saya temukan di internet, justru ditujukan kepada siswa sekolah menengah dan atas, maupun yang sedang persiapan masuk ke universitas. 

Beberapa waktu lalu akhirnya saya menemukan media pembelajaran yang sangat menarik dan memiliki tingkat kepercayaan yang luas. Adalah Rumah Juara, aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 4.500 pengguna ini ternyata menjadi aplikasi belajar yang menggabungkan video, audio, dan game. Saya pun mencobanya untuk pertama kalinya. 


Beberapa fitur yang disediakan Rumah Juara antara lain: Media interaktif. Nah, ini yang menyenangkan. Jika biasanya buku pelajaran anak biasanya monoton dan membosankan bagi anak, Rumah Juara justru melengkapinya dengan video, audio, dan game. Di sini, saya melihat bahwa aplikasi ini benar-benar cukup membantu dan membangkitkan rasa ingin tahu Fadel dalam belajar. 


Fitur kedua yang saya coba eksplor adalah bank soal. Nah, ini juga fitur yang cukup menarik. Saya bisa mengajak Fadel untuk berlatih mengerjakan soal-soal dan tak perlu khawatir juga untuk jawaban, karena di fitur ini telah tersedia kunci jawaban beserta pembahasannya. 

Fitur ketiga adalah ebook. Ini pas banget untuk Fadel yang suka dibacakan dongeng sebelum tidur, karena Rumah Juara menyediakan banyak cerita dongeng yang menarik. Tak hanya khusus untuk orangtua. Di Rumah Juara juga tersedia buku khusus anak yang sangat pas menjadi bacaan mereka! Ini membantu banget untuk meningkatkan minat baca Fadel.

Tiga fitur ini adalah fitur yang ditawarkan kepada orangtua yang memiliki anak yang sedang duduk di bangku sekolah dasar seperti Fadel. Dengan adanya format belajar yang tidak mengabaikan kehadiran teknologi, akan membuat anak kita tidak lagi gaptek dan tertinggal. Gak gaptek karena aplikasinya bisa diakses di gadget dan laptop yang friendly. Tentunya gak sulit mengajak anak untuk menggunakannya. Rumah Juara ini juga gak akan membuat anak tertinggal dalam hal pertukaran informasi, pertemanan, dan pendidikannya. 

Dalam menggunakan Rumah Juara ini, saya sebagai orangtua dapat memantau Fadel setiap saat melalui akun saya. Melalui aplikasi Rumah Juara, saya mendapatkan laporan tentang berapa lama anak belajar menggunakan Rumah Juara. Wah, sangat membantu sekali ya!

Untuk ayah dan bunda, yuk ajak anak-anak kita belajar kreatif dengan memanfaatkan kehadiran teknologi. Karena bagaimanapun, teknologi semakin berkembang dan sudah dipasarkan secara luas bahkan sampai ke pasar anak-anak generasi sekarang.  

Oh ya, bagi bapak dan ibu guru SD juga bisa memanfaatkan fitur kontribusi di Rumah Juara loh. Fitur untuk bapak ibu guru ini akan memudahkan dalam persiapan maupun proses pembelajaran. Ada juga hadiah gadget setiap harinya!



26 comments:

  1. Wah coba dulu waktu aku masih ngajar ada yg begini, pasti gak akan aku lewatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa untuk anak, adek, ponakan ya Mba :)

      Delete
  2. Sekarang banyak aplikasi semacam Rumah Juara ini ya Kak. Bagus banget karena mengikuti perkembangan teknologi dan tentu saja gaya belajar anak jaman sekarang. Nggak melulu lihat buku yang jadinya agak membosankan terutama bagi anak yang udah biasa liat gadget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok untuk kids jaman now ya Nyak. Hihi..

      Delete
  3. Bagus banget aplikasi nya dan lengkap...tapi ini untuk anak usia sekolah ya..tidak bisa buat balita..?

    ReplyDelete
  4. Iya bener mba. Sekarang susah untuk melarang anak menggunakan gadget ya. Dan untuk usia sekolah dibanding menolak penggunaannya memamg lebih baik selektif dalam menggunakannya.

    bagus juga ya rumah juara kalau dikasih laporan penggunaan gitu jadi lebih enak ngontrol anak2 ga perlu kucing2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, aku sering tuh kepo sama Fadel kalo lagi main hp. Khawatir dia liat yang macem-macem kalo gak dikontrol :)

      Delete
  5. Keren juga ada aplikasi semacam ini. Jadi anak-anak ada pilihan mainan ketika buka gadget. Ga mesti buka yang aneh-aneh atau gak edukatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fadel suka cerita anaknya Mba. Baca komik elektronik, jadi lupa main game di hp hehehe..

      Delete
  6. Replies
    1. Cocok untuk menjadi materi pendamping selain pelajaran di sekolah. Karena materinya sesuai dengan yang diterima anak-anak di sekolah.

      Delete
  7. Tepat saja sudah berarti ya sasarannya untuk anak SD, krn menurutku usia SD ke bawah sih banyakin mainan sensory daripada gadget sekalipun games asah otak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund, anak saya langsung suka sama Rumah Juara. Selain materinya menarik, ada juga cerita anaknya :)

      Delete
  8. Aku baru tahu aplikasi ini. Ntar nyoba unggah ah. Mbak Ndy, itu Fadel segitu amat ngeliat gawai. Udah minus berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minus 2 Mba Nov.. Main gadgetnya udah dikurangi biar gak nambah terus minusnya. Huhuhu..

      Delete
  9. Saya juga belajar dibantu Rumah Juara. Iya sangat bantu banget. Apalagi untuk an ka sekolah di pelosok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, Teh Okti! Materinya sesuai dengan yang diterima anak di sekolah :)

      Delete
  10. Wah ada aplikasi baru nih.. Semoga aplikasi Rumah Juara ini bikin anak2 kita jadi kreatif krn fitur2nya yg bagus buat anak2.. Jadi gak semata2 main game tanpa tujuan ya Mba..

    ReplyDelete
  11. Makin canggih aja niy, aplikasinya keren pula ya, bisa buat belajar ortu dan anak ya, mau ga mau emang gadget juga diperlukan anak buat belajar ya ..
    Ah, Fadel serius amat siih hiii

    ReplyDelete
  12. Keren yg zaman sekarang sudah banyak aplikasi untuk belajar scara online. Salah satunya Rumah juara. Bagus nih

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ada aplikasi ini, bakal mempermudah ortu ya menjaga anak-anak dan menemani belajar.

    ReplyDelete
  14. Makasih infonya mama fadel. Iya skrg anak anak ga bs ditahan kalau main game. Dengan ada alternatif begini bisa menyelamatkan UN yg hampir dekat.

    ReplyDelete
  15. suka sama gerakannya rumah juara,semoga banyak anak-anak yang jadi juara.Memang gadget nggak bisa jauh-jauh dari anak-anak.

    ReplyDelete
  16. Ini aku bisa mendaftar jadi guru nggak sih? hehehe..:D

    ReplyDelete
  17. Saya belum kesulitan kalau materi SD. KAlau materi SMP ada juga, ya? Mulai pusing kalau ngajarin matematika sama fisika

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...