Jul 12, 2017

Aplikasi SOBATKU. Sahabat Tanpa Ribet!

Saya pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan saat bertransaksi perbankan di ATM. Kejadiannya sekitar tahun 2010 lalu. Waktu itu, suami kehabisan pulsa dan butuh menelepon rekan kerjanya. Waktu itu, saya dan suami belum punya aplikasi di smartphone yang memberi kemudahan bertransaksi.


Ya, sekalian lewat. Mampirlah kami di sebuah ATM di bilangan Pasar Minggu Jakarta Selatan. ATMnya berlokasi di area perbelanjaan. Rame tentunya. Hanya karena keinginan beli pulsa, suami harus antri. Tak sampai di situ saja. Setelah gilirannya menggunakan ATM, saya yang saat itu hanya menunggu di parkiran yang lokasinya agak jauh dari ATM, agak curiga. Beli pulsa aja kok lama? 

Ternyata ATM ketelan entah karena ATM rusak atau gimana, karena suami saya yakin, pin ATM yang dimasukkan benar. Masih di dalam bilik ATM, suami yang kebingungan karena kartu ATM ketelan, tiba-tiba dari luar, ada orang yang gedor-gedor pintu ATM karena suami kelamaan di dalam.

Suami buka pintu lalu bilang, “Bentar, Mas. ATM saya ketelan”.
Mas yang gedor-gedor pintu memberi saran, “Hubungi call centre saja mas”, sambil nunjuk nomor telepon yang tertempel di mesin ATM.

Karena panik, suami menelepon lah ke nomor tersebut. Ditanya macem-macem, hingga diminta menyebutkan nomor pin ATM. Singkat cerita, nomor tersebut adalah Call Centre palsu yang berkomplot dengan Mas-Mas yang menunjukkan nomor telepon di mesin ATM tadi. Setelah menelepon, suami baru kembali ke parkiran. Cerita ke saya, dan baru sadar kalau ini penipuan.

Modus penipuan seperti ini kerap terjadi. Sudah sering baca di social media, banyak yang share pengalaman tertipu dan terhipnotis di bilik ATM. Nah sejak saat itu, suami sudah membatasi transaksi di ATM jika tidak penting-penting amat.

Beli pulsa pakai token ATM, ribet. Kadang lupa bawa juga. Akhirnya, setelah sekira 7 tahun kejadian tidak mengenakkan itu berlalu, diperkenalkanlah saya oleh seorang teman, sebuah aplikasi yang menawarkan kemudahan.


Namanya SOBATKU. Singkatan dari Simpanan Online Sahabatku. SOBATKU ini merupakan rekening simpanan online berbasis aplikasi yang memungkinkan kita untuk buka tabungan cukup dengan smartphone yang sehari-hari dalam genggaman kita.

Saya dan suami udah  mendownload aplikasi ini karena 3 alasan: Mudah. Gratis. Praktis.


Registrasi cukup dengan nomor handphone, nomor rekening kita adalah nomor handphone kita. Nabung tanpa antri berjam-jam di bank. Nabung dan tarik tunai bisa melalui alfamart/alfamidi di seluruh Indonesia. Selain kemudahan itu, yang paling pas buat kami, dengan aplikasi ini kami gak perlu lagi ke ATM atau ke loket untuk membayar tagihan PLN, PDAM, TV Berlangganan, Speedy, Beli Pulsa, Beli token listrik, karena semua bisa dilakukan melalui aplikasi ini.


Selain kemudahan-kemudahan ini, Sobatku juga ngasih Undian dengan hadiah untuk ratusan nasabah setiap bulannya. Makin rajin bertransaksi dengan aplikasi SOBATKU, makin besar poinnya, dan makin besar kesempatan untuk menang undian bulanan. Gak hanya itu. Ada grand prize juga loh! Hadiah 100 juta per 3 bulan. Keuntungannya gak tanggung- tanggung ya.

Tapi pasti pada nanya-nanya aman gak sih? Jadi sebelum menggunakan aplikasi ini, saya mencari tau dulu seluk beluk aplikasi ini. Karena kami gak mau, kejadian di ATM beberapa tahun lalu terulang lagi di aplikasi yang kami download sendiri. Saya harus yakin dulu dengan keamanannya.

Setelah googling dan konsultasi dengan teman yang masih bekerja di Dewan Koperasi Indonesia, saya jadi tahu kalau Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU) ini dikelola oleh mitra bisnis Bank Sahabat Sampoerna yakni KSP Sahabat Mitra sejati yang bekerja sama dengan Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia. KSP Sahabat Mitra Sejati baru-baru ini meraih penghargaan dari OJK sebagai satu-satunya koperasi yang berperan sebagai kontributor pelaporan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Sebelumnya, KSP Sahabat Mitra juga jadi koperasi pertama yang memperoleh izin Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.

Jadi, gak ada lagi keraguan untuk download aplikasi SOBATKU. Simpanan Online Sahabatku. Bener-bener bisa jadi sahabat yang setia dalam genggaman. Tanpa ribet!
Oh iya, kabar gembira buat yang di Makassar. Kalau masih penasaran dengan SOBATKU, pengen nanya-nanya lebih detail langsung. Pas banget karena SOBATKU mengundang semua teman-teman di Makassar untuk menjadi saksi dari peluncuran simpanan online berbasis aplikasi ini. Acaranya di hari Kamis 13 Juli 2017 ini, dalam rangkaian Hari Koperasi Nasional di Lapangan Karebosi Makassar pukul 15.00 WITA.

Sampai ketemu di launching SOBATKU ya, Sahabat Makassar :)

18 comments:

  1. Baru area makassar aja mb yang terlayani Sobatku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seluruh Indonesia bisa mba. Nabung dan tarik tunainya jg bisa melalui Alfamart/alfamidi ssluruh Indonesia. Hanya sj launchingnya diadakan di Makassar krn sekaligus digelar dlm rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional kmrn

      Delete
  2. Wah app yang keren. Tfs ya ...

    ReplyDelete
  3. o gitu ya. terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Saya juga baru tau Mba. Ternyata bermanfaat banget..

      Delete
  5. Aku baru tahu aplikasi ini. Kepoin ah :)

    ReplyDelete
  6. Wah banyak juga ya keuntunggan jika menggunakan aplikasi sobatku ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bayar-bayar, menabung, tarik tunai, praktis banget Mba..

      Delete
  7. Praktis ya Mba aplikasinya. Eh iya, itu aplikasi apa hanya bekerja untuk daerah makasar sekitarnya kah?

    ReplyDelete
  8. sekarang memang pemerintah mendorong pertumbuhan transaksi non tunai karena banyak kegunaannya buat negara.

    sebenarnya memang lebih enak transaksi non tunai, lebih ringkas dan efektif walaupun soal keamanan masih harus hati-hati, harus pilih yang sudah terpecaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis dan aman. Pasti bikin nyaman ya, Daeng..

      Delete
  9. Wah mudah sekali, ya Ndy. Cukup dengan HP di tangan sudah bisa menabung.

    ReplyDelete
  10. Ga rempong mki bawa tunai banyak2 di'..

    ReplyDelete
  11. jadi pengin coba aplikasi SOBATKU deh. Oh ya, Mak, saya pinjam foto aplikasi sobatkunya ya, makasih. salam kenal :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...