Jun 24, 2017

Panada, Cemilan Khas Manado yang Populer di Makassar

Selain populer di kota asalnya Manado, panada juga menjadi  salah satu kue yang digemari di Makassar. Ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Belanda, namun ada juga yang mengatakan pengaruh kuliner Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad lalu. Bentuk panada mirip kue pastel. Dalam bahasa Spanyol/Portugis, panada disebut empanada, yaitu roti isi yang dipanggang atau digoreng.  Isian empanada dapat terdiri dari antara lain berbagai daging, keju, huitlacoche, sayuran atau buah-buahan. Resep untuk membuat Panada awalnya dimiliki oleh Keluarga Besar Mandey yang adalah keturunan asli Minahasa pada masa itu. (Sumber: Wikipedia)
Selama bulan Ramadhan, panada menjadi salah satu cemilan favorit untuk berbuka puasa. Saya dan keluarga termasuk yang lebih memilih berbuka puasa dengan cemilan-cemilan dulu. Makan beratnya nanti setelah sholat isya dan taraweh. Diperkenalkan oleh teman Blogger Makassar kalau ada Dapur Mama Putri yang berbisnis aneka kue. Salah satunya adalah panada ikan tuna. 


Panada ikan tuna dari Dapur Mama Putri sukses bikin kami sekeluarga ketagihan. Pedes gurihnya pas! Ikan tuna sebagai isiannya pun melimpah di setiap gigitan panada. Roti sebagai kulit panada yang empuk, terbuat dari tepung berkualitas dan bahan-bahan pilihan lain.
“Awal bisnis ini karena hobi masak dan banyak teman yang suka. Alhamdulillah banyak yang minta untuk dijual,” kata Ibu Sutanti, Owner Dapur Mama Putri. Dan memang benar, panada dengan isian ikan tuna spicy ini menjadi salah satu yang paling laris selama Ramadhan. Selain panada, Dapur Mama Putri juga menerima pesanan aneka kue ultah, kue tradisional, pudding, klapertart, brownies dan lain-lain.

Untuk kebutuhan kumpul-kumpul bersama keluarga saat lebaran, arisan, ulang tahun, atau event lainnya, kue dari Dapur Mama Putri paling pas buat disorder. Cukup menghubungi Ibu Sutanti, pesanan bisa dikirim pakai kurir atau ojek online. 

#DukungProdukLokal

1 comment:

  1. Aduduh, ngilerr banget mba liat itu rotinya. Isinya juga banyak gak pelit.... saya termasuk salah satu penggemar roti dan makasih reviewnya yang sukses buat ngiler.

    mba main ke postingan baru saya ya : Kuliner di Bandung

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mencantumkan nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...