Sep 26, 2018

5 Pura di Bali, Tempat Wisata Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

Di antara sekian banyak pulau yang ada di Indonesia, Bali masih menjadi destinasi paling menarik dan tempat yang paling terkenal di kalangan wisatawan terutama oleh wisatawan luar negeri. Umumnya, wisatawan akan mengunjungi pantai yang ada di Bali yang terkenal akan sunrise atau sunset-nya. Saya pun demikian. Mengunjungi Bali dengan segala pesona pantainya. Tapi ternyata gak hanya itu. Tempat wisata di Bali selain pantai yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan seperti Pura.


Setidaknya ada 5 tempat wisata religi agama Hindu yang terkenal di Bali. Yang pertama adalah Pura Tanah Lot yang berada di Beraban, Kediri, Tabanan, Bali. Tanah Lot termasuk sebagai salah satu tempat di Bali yang kerap dikunjungi terutama saat matahari tenggelam. Dengan pemandangan sunset yang indah, membuat siapa saja ingin datang ke tempat ini terutama wisatawan yang menyukai fotografi. Pura ini berada di batu karang besar di area lepas pantai sehingga jika ingin mengunjungi pura ini maka Anda harus melewati saat air laut surut. Sehingga saat air pasang, tempat ini akan terlihat seperti di tengah laut.

Baca Juga: Kafe Outdoor Nuansa Berkemah

Ada pula Pura Uluwatu. Pura ini berada di Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Pura yang berada di ujung batu karang setinggi 70 mdpl ini disebut dengan Pura Luhur Uluwau yang merupakan salah satu pura utama di Bali. Selain karena berada di tempat yang curam, arsitektur Pura ini serta pemandangan sunset juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Pura yang memungkinkan anda untuk memandang Samudera Hindia secara langsung ini juga dijadikan pementasan tari kecak di setiap harinya pukul 18.00-19.00.


Yang lagi ngehits, ada Pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Tempat wisata di Bali selain pantai ini berada di tengah danau sehingga terlihat mengambang,. Pura yang berada di Bedugul, Tabanan, Bali ini dikelilingi oleh dataran tinggi dan kebun yang tertata rapi sehingga saat kawasan ini terselimuti kabut dengan udara yang sejuk, membuat pemandangan dan nuansanya menjadi lebih syahdu. Selain Anda bisa berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul ini Anda juga bisa menggunakan perahu untuk keliling danau Beratan yang memiliki air yang jernih.

Baca Juga: Wisata Tana Toraja

Selanjutnya ada Pura Tirta Empul Tampak Siring. Pura yang berada di Jalan Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali ini memiliki arti mata air suci (Tirta empul). Hal ini disebabkan karena di bagian dalam dari Pura ini terdapat sumber mata air alami yang airnya dialirkan ke bagian luar dari tirta berbentuk pemandian yang dilengkapi dengan pancuran air. Bagi masyarakat di Bali yang memeluk agama Hindu, air yang keluar dari pura yang dekat dengan istana kepresidenan Tampak Siring ini dipercaya membawa ketenangan, kesucian dan juga keberuntungan.

Terakhir adalah Pura Taman Saraswati Ubud. Pura yang berada di Jalan Kajeng di sebelah utara jalan raya Ubud ini dekat dengan lokasi istana kerajaan Ubud sehingga tidak heran jika pura ini termasuk sebagai salah satu tempat wisata di Bali selain pantai yang terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan. Selain karena berada di lokasi yang ada di area pusat Ubud, pura ini memiliki daya tarik beruba kolam bunga teratai dan juga arsitektur yang uniknya. Umumnya para wisatawan akan melakukan foto dengan latar belakang pura dan untuk mengunjungi pura ini, Anda tidak perlu membayar biaya masuk dan di jam 19.30 waktu setempat, di area pura taman Saraswati Ubud, Anda bisa menyaksikan pentas pertunjukan seni tari khas Bali. Untuk lebih lengkapnya Anda dapat membaca travel blog sebagai bahan referensi Anda. Abis ini, saya bakalan nanya ke pak suami, kapan nih kita family time ke Bali? Hihihihi..

Pic Source: Pixabay

11 comments:

  1. Bali memang terkenal dengan puranya..
    ada satu pura yang saya paling suka, eh saya lupa itu pura atau apa ya?

    yang di Tampaksiring.
    ada tempat mandinya, jadi orang bisa mandi sambil berharap dapat berkah.
    terus di atas kelihatan istana Tampaksiring yang jadi salah satu tempat favoritnya Bung Karno

    ReplyDelete
  2. dua pura yang tercantik di list ini, Pura Ulun Danu yang gambarnya ada di mata uang dan Pura Uluwatu.Pemandangannya benar-benar menawan.

    ReplyDelete
  3. dulu pernah jalan ke Bali dan tanpa sengaja kami memasuki desa yang ada pura dan tempat pemandian yang belum jadi destinasi wisata. konon dulunya tempat pemandian itu adalah pemandian putri kerajaan. duh, jadi pengen ke sana lagi.

    ReplyDelete
  4. Syukaknya baca dan dengar cerita-cerita tentang Bali sebagai destinasi wisata, tapi walaupun pernahka tinggal di Nusa Dua tiga tahunan kalau sekarang disuruh tinggal di Bali kayaknya saya ndak mau, spooky kih kak kutakuut... XD

    ReplyDelete
  5. Dari kesemua diatas kak, yg pernah ku kunjungi cuma uluwatu dan tirta embul 🙈 thankyou kak untuk rekomen wisatanya hehe

    ReplyDelete
  6. dua kali ke Bali selalunya biasa ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul aja haha karena cuma tau arah kesitu dan suka di situ dingin hihi ,
    seperti nya mau coba lagi ke tanah lot nanti

    ReplyDelete
  7. Setelah baca tulisan di atas , kerasa nyesel dikit ngak kunjungi pura di Bali, kami fokus ke pantainya ajha ..Ternyata pura nya juga ngak kalah menarik dengan pantainya. .Nezt time ,klw ke bali harus ke Pura nya juga deh. .bdw thanks for sharing kakak. .

    ReplyDelete
  8. Sy sudah liat beberapa pura yang ada di tulisan ini, memang apik yah bangunan dan penempatan lokasinya, itu yg bikin keren.

    ReplyDelete
  9. Dari 5 pura yang Ada di list, Saya sempat berkunjung ke tiga di antaranya. Yang Tampaksiring sudah agendakan mau ke Sana tapi nda jadi hehehe

    ReplyDelete
  10. Wisata budaya memang memberi kesan tersendiri. Belakangan yang tak.kalah hits adalah pura dengan latar gunung agung itu. Konon mesti antri beejam-jam untuk bisa berfoto 3 menit.

    ReplyDelete
  11. dari dulu pengen sekali kodong ke pura ulun danu, tapi 2 kali ke bali dak pernah kesana, palingan ketanah lotji hehehe...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...