Dec 12, 2018

4 Langkah Sederhana untuk Memulai Diet Kecilkan Perut Buncit: Ketika Pakaian Tak Muat Lagi

Semalam saya shock! Ketika ukuran pakaian yang biasa saya kenakan sudah tak muat lagi. Sebelum-sebelumnya, setiap beli celana, ukuran saya masih S. Ukuran ini masih bisa buat napas ketika sedang kenyang. Saat semalam saya jalan ke toko pakaian, saya niat beli celana. Dengan pede dong, saya minta ukuran S ke Mbak pramuniaganya. Oh my God! Gak bisa terkatup kancing celananya! Padahal model celana ini dengan karet di pinggang.


Selanjutnya, saya minta satu ukuran di atasnya. Dengan cekatan, mbak pramuniaga berkerudung ini menyodorkan saya model dan warna celana yang sama. Ukuran M. Bismillah! Saya kenakan dengan rasa was-was. Muat. Ya memang muat. Tapi rasanya engap! Oh Tuhan.. Ini beneran perut saya kian membuncit?

Masih di ruang ganti, dengan beribu bayangan makanan enak dan enak banget. Saya menyadari kalau mereka adalah kelemahan saya. Kemudian muncul kekhawatiran, kalau saya berniat untuk melakukan diet, apakah seluruh makanan enak itu tidak bisa lagi saya cicipi? Gak bisa lagi makan siang bareng tanpa rasa bersalah? Gak bisa lagi pesen makanan high carbo?

Kekhawatiran itu terus menari di kepala saya, hingga saya tiba di depan kasir untuk membayar harga celana yang ingin saya beli. Di otak saya saat itu, udah kebayang perut buncit ini udah kayak ibu hamil lima bulan. Kan gak asik kalau ketemu teman  lama, ditanyain lagi isi ya? Fadel mau ada adek, ya? Belom lagi lemak yang makin menebal, bisa jadi ladang empuk tempat bersarangnya penyakit stroke, diabetes, atau kolesterol. Seram, ya!

Keluar dari toko pakaian itu, tanpa pikir panjang, saya bergegas ke supermarket yang ada di lokasi mall yang sama. Pokoknya harus diet! Diet? Diet seperti apa yang saya jalani? Hanya sekadar menahan diri dari semua makanan enak? Ikut-ikutan tren diet keto atau diet no carbo aja?

Nah dari hasil berselancar ke banyak website tentang menu diet, saya memutuskan untuk melakukan beberapa hal ini.

Menghindari (atau minimal mengurangi) list makanan-makanan ini.
Junk food seperti ayam goreng crispy, kentang goreng, burger, es krim, jus instan dalam kemasan yang tinggi kandungan gula, gorengan yang menggunakan minyak berulang kali dan nasi putih berlebih adalah list makanan yang wajib dikurangi porsinya. Kalau dulu makan nasi sepiring masih nambah, sekarang harus dikurangi jadi tiga per empat piring. Kalau biasanya seminggu sekali makan junk food, dikurangi jadi dua minggu sekali atau sebulan sekali. 

Duh, kalau ingat kekhilafan saya kalau ketemu makanan-makanan ini yang sering bikin saya lost control. Apalagi kalau dalam kondisi yang udah lagi laper-lapernya. Makanan yang dekat dan cepat diakses untuk mengobati perut keroncongan ada di list tadi. Pola ini yang harus saya ubah. Saya lemah dalam mengerem keinginan mengunyah. Apalagi kalau ajakan itu adalah ajakan makan gratis. Hahahaha.. Nah! Mulai hari ini, saya bertekad untuk mengurangi, kalau bisa menghindari list makanan yang tadi saya sebutkan di atas. Semangat ya, Ndy! Demi perut singset 2019 hihihi..

Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.
Saya suka makan buah dan sayur. Tapi saya bukan tipikal yang gigih mencari buah atau sayur setiap hari. Kalau ada saya makan, kalau gak ada, ya gak apa-apa. Ini salah satu kelemahan saya yang juga memicu perut buncit. Nah mulai sekarang, wajib setiap hari mengkonsumsi buah dan sayur berikut.

• Semangka
Buah ini banyak mengandung air. Makan buah ini bikin cepat kenyang dengan banyak kandungan vitamin. Jadi bisa membantu mengurangi lemak perut. Buah ini juga murah dan banyak dijual di mana-mana. 


• Tomat
Selain bagus untuk kulit karena kandungan antioksidan yang tinggi, tomat juga memiliki kemampuan menyerap kolesterol jahat dalam darah. Daripada ngemil gorengan, mending diganti dengan ngemil tomat buah. Kebetulan stok tomat di kulkas masih banyak. Dibikin jus tanpa gula juga oke!


• Alpukat
Ini kesukaan saya. Alpukat termasuk buah yang tinggi lemak baik. Kandungan ini yang bikin perut saya cukup tahan hingga makan siang, hanya dengan sarapan satu buah alpukat, tapi biasanya masih dicampur susu coklat. Ini yang harus saya ubah. Biar manis, cukup tambahin satu sachet pada pengganti gula untuk awal-awal. Biar lidah gak kaget. Hehehehe..

• Apel
Buah yang renyah saat digigit ini, mengandung banyak serat. Ini baik untuk usus dan juga bikin perut cepat terasa kenyang. 

• Mentimun
Biasanya makan mentimun hanya sebagsi pelengkap. Jadi acar atau lalapan pendamping ayam bakar. Kayaknya ngemil kentang goreng di sore hari, bagusnya diganti ngemil mentimun aja. Mentimun efektif untuk detoksifikasi karena kandungan serta, vitamin dan mineral yang mampu menyerap racun-racun dalam tubuh. 

Olahraga
Dengan dalih kesibukan, saya makin jarang olahraga. Padahal kalau konsisten meluangkan waktu, cukup 15-30 menit saja sehari, dengan berjalan kaki dari rumah ke kantor, dari kantor ke rumah, atau naik turun tangga di kantor lebih sering dari biasanya, ini udah bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Nah, hari ini udah berapa ribu langkah kaki, Ndy?

Sabar dan Konsisten
Gak ada hasil yang membohongi proses. Ketekunan, kegigihan, kesabaran, tentu akan membuahkan hasil yang baik. Semangat ya, Ndy! Nah, Manteman punya ide menu diet yang gak menyiksa untuk saya yang doyan ngemil?

24 comments:

  1. Diet dengan mengkonsumsi buah dan sayur

    ReplyDelete
  2. Nah konsumsi alpukat dan apel iya tuh daku suka banget, tapi tetep bukan buat diet, jadi penambah selera buat makan

    ReplyDelete
  3. Ooooh, baru tau timun juga bisa untuk mengecilkan perut buncit.

    Gorengan-gorengan my luvvv, susah banget buat ditinggal.

    ReplyDelete
  4. Mbak..perutku juga buncit sekali padahal berat badan ideal hiks..
    Musti dicoba nih tipsnya, terutama makan sayuran dan buah segar...dan gorengan duh susah ditinggal nih..hiks

    ReplyDelete
  5. Aduh susah banget deh menghindari junk food. Apalagi pas ada promo. Makin-makin deh. Tapi setuju banget kalau junk food bikin perut buncit. Dilema.. harus mulai coba pola hidup sehat ah dari sekarang.

    ReplyDelete
  6. Heheehhe penting sekali sabar dan konsisten, aku sudah coba diet macem macem, tapi karena ga konsisten gagal dah. Diet ala DC sudah diet karbo sudah , minum.pelangsing juga pernah, langsing mah kagak, sakit iya.

    ReplyDelete
  7. Mbaaakk judulnya nyetil aku banget deh, perut buncit hahhh. Dulu suka makan malem sebelum bobo soalnya. Kebetulan, aku suka semangka ternyta pas buat mengikis lemak di perut ya. Cobain aahhhhh..

    ReplyDelete
  8. Hahaha, akyu ini! Terima kasih sudah bikin artikel ini. Bisa nih diterapkan untuk sehari-hari.

    ReplyDelete
  9. Menyenangkan sekali cara berceritanya mbak. Dan ini saya banget perutnya buncit. T===T Sering kok dicurigai lagi isi. Memang musuh beratnya ya makanan2 enak dan enak banget itu huhuhu

    ReplyDelete
  10. Kalau tomat dan timun biasanya sembari makan nasi. Ternyata dengan banyakin irisan tomat emang bikin kenyang juga sih, haha... Jadi takaran nasinya bisa dikurangi. Olahraga juga nggak kalah pentingnya, karena kalau saya memang nggak bisa macam diet no carbo, keto, atau apapun itu. Nggak makan karbo tensi bisa drop, haha..

    ReplyDelete
  11. Dulu aq pernah tuh, pas lagi buncit2nya trus paksain pakai celana hits masa lalu yang sebenarnya udah kesempitan. Yang terjadi kemudian adalah kancing celananya tiba2 lepas di jalan dong karena dia nggak sanggup menahan perutku yang buncit. Astaga malunya setengah mati. Abis tu langsung bertekad untuk banyakin makan sayur. Lumayan deh bisa turun 5 kilo. Walau sekarang naik lagi sekilo hehehehe

    ReplyDelete
  12. Ya tuham aku mesti tobat nihhj baca ini huhuhu woke mbak hbs ini aku le ibu sayur

    ReplyDelete
  13. Menu diet yang nggak menyiksa?aku tengah malam kadang2 masih mkn gmn perut kempes...aduh malah curhat

    ReplyDelete
  14. Untuk mengecilkan perut aku kadang nggak makan malam mba, trus olahraga plank atau senam kaki gitu, tp nggak berhasil krn aku ttp aja sering kelaperan 😛😛

    ReplyDelete
  15. Pisang ga masuk daftar ngecilin perut ya, mbak? Hahahaha :D AKu demen semangka, apel, alpukat pokoknya yang enak2, pepaya ga begitu suka karena baunya ga enak hihiihi. Ooh Mentimun bisa juga ternyata. Dasarnya sih tau diri makannya ya jdn nambah mulu misal mie ayam bakso itu aku lagi hindarin :) Plus berenang deh biar ga loyo.

    ReplyDelete
  16. Saya sempat mengalami perut buncit, pakaian-pakaian nyaris ga muat. Trus Saya teringat bahwa cukup lama Saya salah menu untuk sarapan. Ketika itu sempat mandeg dari minum jeniper tiap bangun tidur dan sarapan buah. Setelah kembali tertib, perut enggak buncit lagi..

    ReplyDelete
  17. Selain makan buah dan sayur, aku sih rajin sit up. Tapi sekarang males uy. Padahal kerasa kenceng perutnya

    ReplyDelete
  18. Sepertinya saya n suami memang harus diet karbo ya, mengingat perut udah pada nongol ajah. Haha. Tapi dianya suka ajak jajan gorengan.

    ReplyDelete
  19. Huhu masalah aku banget nih soal perut membuncit :'( tapi lagi nyoba beberapa point di atas nih mba dan lumayan lah ya walaupun timbangan masih belum berubah hehe. Olahraga dan jaga pola makan itu kunci sih

    ReplyDelete
  20. Hihihi perut saya juga harus dikempesin nih,mbak. Contoh buah2annya kesukaan saya semuaa

    ReplyDelete
  21. Konsisten adalah hal yang sulit dilakukan saat diet. Makanya perutku makin membuncit. Hiks.

    ReplyDelete
  22. Hhh toss mbak, saya juga lemah dalam mengerem keinginan mengunyah.
    Beberapa tips di atas sdh sering di share sih ya mbak.
    Tp memang niat dan konsisten itu yg penting biar perut nggak makin mbuncit, hehe. ��

    ReplyDelete
  23. Benar niih, aku mengalami perut buncit dan sekarang sudah mengempes dengan melakukan beberapa tips di atas. Manjur...

    ReplyDelete
  24. Diet penting banget ya mbak. Apalagi kl perut udah kelihatan kurang berbentuk alias buncit. Yg pastinya gak pede mbak kl buncit

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...