Dec 16, 2018

4 Hal Ini Selalu Ada di Komunitas Angingmammiri: Rumah Paling Nyaman Untuk Blogger Makassar

Gelora kawula muda yang ada pada diri saya ketika itu, didominasi dengan bertemu banyak teman baru dari berbagai latar belakang pendidikan, usia yang beragam dan dari banyak daerah, berkat sebuah ruang tanpa batas di depan layar. Orang-orang mengenalnya dengan sebutan “internet”. Ketika itu, mIRC dan yahoo messenger adalah dua tempat interaksi yang paling digandrungi di masanya.

Foto Perayaan 12 Tahun Angingmammiri - Pic by: www.qiahladkiya.com | Edited by: www.ndypada.com
Di awal mengenal internet, saya memang banyak menggunakan dua hal ini. Hingga akhirnya saya tersesat di beberapa website yang pemiliknya bebas menuliskan banyak hal. Saya kemudian berpikir, saya juga harus punya media menulis di internet! Hingga tak lama berselang, akhirnya mimpi saya itu tercapai. Saya akhirnya menulis di media online dan siapa pun bisa mengakses serta membaca tulisan saya. Belakangan saya tau kalau itu menulis di media online yang saya gunakan ini namanya nge-blog. Dan penulisnya disebut sebagai Blogger. Awal 2006, akhirnya blog untuk pertama kalinya mempertemukan saya dengan seorang dokter gigi, seorang mahasiswa kimia yang bersayap bidadari, seorang ahli IT di perusahaan NGO asli Sunda yang bekerja di Makassar, seorang ahli ekonomi yang pelukable banget, dan seorang “professor” yang kecanduan blog. Selengkapnya tentang ini pernah saya tulis di: I'm A Blogger Makassar.

Sejak saat itu saya jadi “terjerumus” dalam lingkaran orang-orang hebat. Orang-orang keren yang punya semangat menebar manfaat di dunia internet. Bergabung di komunitas ini adalah candu. Ketika saya sempat "menghilang", komunitas ini masih saja punya pesona dan daya tarik untuk saya kembali. Selama lebih dari dua belas tahun, tentu ada banyak suka duka. Ada jutaan cerita yang tak sanggup teruntai lewat kata-kata. Jika ditanya adakah moment yang paling berkesan bagi saya selama berkomunitas di sini? Semua berkesan. Setiap kopdar punya cerita sendiri. Setiap kegiatan bersama Angingmammiri.org selalu ada kesan. Tapi saya pengen menulis beberapa hal yang selalu ada bersama teman-teman Blogger Makassar.

Bersama Bu Ketua AM
Tak Ada Pertemuan Tanpa Drama 
Ketika ada janjian bertemu di suatu kopdar, grup akan ramai sejak beberapa hari sebelum hari H. Dramanya macem-macem. Ada yang drama karena sedang tidak punya kesempatan untuk datang. Atau sedang dalam perjalanan menuju lokasi tapi terjebak macet atau kehujanan. Belum lagi yang ibuk-ibuk, drama anak rewel, suami yang gak bisa dititipin anak karena ada kegiatan lain juga, dan aneka drama lain. Belum lagi drama ketika beli kado untuk teman blogger yang menikah, misalnya. Drama bisa bermula dari penentuan nomor rekening siapa yang digunakan untuk mengumpulkan dana. Drama lanjutan, siapa yang akan bertugas untuk membeli kado. Kado apa yang akan dibeli. Hahaha rame deh! Ini yang selalu seru dan selalu ada sebagai bumbu dalam pejalanan komunitas blogger Makassar yang udah lebih dari dua belas tahun ini.

Berkompetisi Tapi Saling Support
Namanya juga komunitas blogger. Hobinya ngeblog. Kadang-kadang ikutan kompetisi blog. Atau lomba foto instagram. Saingannya siapa? Ya teman-teman di komunitas ini juga. Tapi satu sama lain tetap saling support dengan berkunjung dan memberi komentar di postingan teman, sekaligus competitor. Seru kan?

Saling Sharing
Ini bukan hanya tentang like comment and share di social media! Tapi sharing banyak hal. Komunitas Blogger Makassar sering banget mengadakan kegiatan yang bermanfaat, menghadirkan narasumber keren yang dengan senang hati berbagi ilmu. Gak hanya itu, Komunitas ini juga tak jarang menjadi mediator untuk event-event yang mengundang blogger.

Ada campaign yang butuh blogger? Teman-teman di komunitas ini gak akan pelit untuk berbagi informasi.

Blogger Makassar bukan (sekadar) Komunitas
Saya menyebutnya keluarga. Sejak awal bergabung, teman-teman yang awalnya bertemu di dunia maya ini semakin akrab. Semakin dekat. Saling bantu ketika ada kesulitan. Bukan hanya tentang menulis di blog. Tapi lebih dari itu. Teman-teman blogger telah menjadi keluarga di dunia nyata yang sebenarnya. 

dulu kopdar gadis, sekarang kopdar keluarga. hihihi
pic from: www.ungatawwa.com
Tiga pekan lalu, tepatnya 25 Nopember 2018, Komunitas Blogger Makassar merayakan ulang tahunnya yang keduabelas. Usia yang gak singkat untuk mempertahankan sebuah komunitas dengan ratusan anggota. Walaupun ada banyak pergeseran yang terjadi di awal-awal terbentuknya komunitas dengan tren yang terjadi di kalangan blogger saat ini. Tapi yang gak berubah adalah komunitas ini mampu menghimpun banyak orang hebat di bidangnya masing-masing dan kita bebas belajar satu sama lain. Gelora di dada saya untuk terus bertemu banyak orang hebat tersalurkan berkat komunitas tercinta ini.

Selamat Ulang Tahun, Angingmammiri.org!
Teruslah menjadi rumah paling nyaman untuk Blogger Makassar.
Love..

2 comments:

  1. Selamat Ulang Tahun, Angingmammiri .org

    ReplyDelete
  2. suka banget sama komitmen komunitasnya yang Berkompetisi Tapi Saling Support karena sekarang banyakya blogger harus saling menguatkan :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...