Jan 17, 2012

#HelpSokolaMks

Ruma Sokola Makassar adalah Sekolah alternatif yang didirikan tahun 2004 oleh sejumlah relawan untuk menampung anak-anak putus sekolah di kawasan Pesisir Mariso. Pesisir Mariso adalah bagian dari Kecamatan Mariso yang merupakan bagian dari 14 Kecamatan di Kota Makassar, yang terletak kurang lebih 2 km di sebelah Selatan Ibukota Makassar. Letak Kecamatan Mariso berbatasan dengan:

Sebelah Utara    : Kecamatan Ujung Pandang
Sebelah Timur : Kecamatan Mamajang
Sebelah Selatan : Kecamatan Tamalate
Sebelah Barat    : Selat Makassar

Wilayah Kecamatan Mariso dengan luas 1,82 Km² terbagi dalam 9 Kelurahan (6 Kelurahan berada di wilayah pesisir dan selebihnya berada ke arah pinggir kota)

Kurikulum yang digunakan di Ruma Sokola tidak mengacu pada kurikulum biasa yang digunakan di sekolah-sekolah formal. Di Ruma Sokola, ada beberapa kelas. Kelas Playgroup untuk anak 4 sampai 6 tahun, Kelas Literasi (Baca, Tulis, Hitung) untuk anak usia 6 tahun ke atas, Kelas Bahasa Arab (Mengaji), dan Kelas Keterampilan Komputer untuk anak belasan tahun.

Sejak tahun 2005, Ruma Sokola menerima anak peserta Pendidikan Usia Dini, serta melaksanakan berbagai program pendidikan lanjutan untuk anak‐anak dan remaja pesisir Mariso seperti layanan kursus komputer, fotografi, film, teater, musik, tari anak, pelatihan menulis dan sebagainya.

Saat ini, Ruma Sokola sedang mencari lokasi lain untuk kelangsungan pendidikan anak-anak di daerah pesisir Mariso. Karena lokasi yang ditempati saat ini berstatus dipinjamkan dan pemilik tanah memiliki rencana lain untuk tanahnya. Pemilik tanah awalnya meminta Ruma Sokola untuk pindah pada Desember 2011 lalu. Namun setelah bermusyawarah, pemilik memberi kelonggaran hingga Mei 2012.

Sekarang, tim Sokola bersama beberapa relawan Sokolaers sedang mengumpulkan
anggaran untuk biaya pemindahan lokasi sokola yang baru. Karena anak-anak di Ruma Sokola juga berhak untuk menikmati pendidikan seperti anak-anak yang lain. Mari kita bantu mereka, banyak cara untuk membantuUntuk info yang lebih detail bisa menghubungi:
Habibie : o81242249056
 Evi : 081355505895
iQko : 085255400216

Atau kunjungi Blog 


SOS, Save Our Sokola Pesisir!!

2 comments:

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mencantumkan nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...