Dec 21, 2011

Ketika Sulit Tidur..

tidur - sumber: google.co.id
Seorang teman bertanya di timeline twitternya, bagaimana mengatasi insomnia, yaitu keadaan ketika seseorang mengalami kesulitan tidur, atau susah untuk tidur nyenyak. Insomnia sebenarnya banyak penyebabnya. Bisa karena stres, banyak pikiran yang terbawa sampai ke tempat tidur, sehingga memicu otak untuk terus bekerja dan akhirnya mata jadi susah terpejam.


Saya pribadi juga kadang mengalami hal seperti ini. Sudah merasa lelah, sudah larut malam, tapi kok belum merasa ngantuk. Beberapa hal keliru dulu sering saya lakukan untuk mendatangkan kantuk itu.


Dengan menyibukkan diri misalnya menonton tv, internetan, chatting, baca buku, dan yang paling ekstrim adalah menelepon sahabat atau orang dekat saya yang kebetulan juga masih terjaga . Semua itu saya lakukan dengan harapan, setelah semua itu, saya makin lelah dan akhirnya bisa lebih cepat tidur. Ternyata itu salah. Itu justru membuat saya makin sulit tidur. Sampai saya membaca sebuah artikel di majalah tentang insomnia. Artikel itu menjelaskan cara mengatasi keuslitan tidur di malam hari. Beberapa yang sering saya terapkan antara lain.

1.    Merendam kaki menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam selama 15-20 menit sebelum tidur. Terbukti  hal ini ampuh mengurangi pegal di kaki, juga dapat merilekskan seluruh tubuh. Setelah merendam kaki, saya mengusahakan untuk tidak lagi melakukan aktivitas.
2.  Selanjutnya saya mengkondisikan kamar tidur saya menjadi temaram bahkan gelap. Tak ada suara dan nyala tv, tak ada bunyi ponsel, tak ada lagi hal-hal yang akan menimbulkan bunyi, stop baca buku dan stop akses internet, minimal 30 menit sebelum tidur.
3.    Saya juga menghindari makanan berat menjelang tidur. Terlalu kenyang bikin ga nyaman dan jadi susah baring. Saya juga menghindari terlalu banyak minum sebelum tidur karena frekuensi buang air kecil jadi meningkat juga.
4.   Kadang-kadang saya minum segelas susu sebelum tidur, karena segelas susu bisa bikin rileks dan rasa kantuk juga cepat muncul. Tapi jangan lupa minum air putih dan gosok gigi setelah minum susu yaa.. Agar gigi tetap sehat J
5.  Saya juga membiasakan beranjak tidur  dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Karena jam tidur yang sering berubah-ubah (kacau), juga memicu insomnia.
6.   Berdoa sebelum tidur, mohon kepada Allah tidur yang nyenyak dan mimpi yang indah, diampuni dosa-dosa kita, diberi hari yang lebih baik saat kita terjaga esok hari.
7.   Selamat mencoba :)

5 comments:

  1. Selalu bingung dengan orang insomnia, soalnya saya termasuk kategori pelor. Sekali nempel langsung molor :D

    ReplyDelete
  2. saya sama kayak Iqko..
    kalau lagi banyak masalah malah lebih suka tidur, berharap masalahnya selesai dengan tidur :D

    ReplyDelete
  3. Beeh... Saya juga kenna insomnia kodong.. kadang jam 8 pagipi baru bisa tidur, pedahal kemarinnya itu saya cuma tidur sekitar 3-4 jam. Efeknya terasa... Badan kurus kering, kuliah juga nda lulus2 gara2 nda pernah pergi kampus... Saya coba dulu tipsnya nah... Doakan berhasil...

    ReplyDelete
  4. @Iqko: kalo ketemu bantal langsungmi lelap diy :))

    @Dg.Ipul: pas bangun, ingat masalah.. eh tidur lagi :D

    @Muhaimin: Boleh dicoba tipsnya, kalo berhasil kabari yaa :)

    @All: Makasih sudah berkunjung :D

    ReplyDelete
  5. insomsia.. masalah onliners sejagad :))

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar ke blog ini. Pastikan mengisi kolom nama dan url blog agar saya bisa berkunjung balik ke blog teman-teman semua :)

Oiya, diharapkan tidak mencantumkan link hidup di dalam kolom komentar ya. Jika terdapat link hidup dalam komentarnya, mohon maaf akan saya hapus. Harap maklum.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...